Pemerintah Bekukan Empat PTS di Wilayah Jateng

Pemerintah Bekukan Empat PTS di Wilayah Jateng

Solo - Terdapat sekitar 243 perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang dinyatakan pemerintah berstatus nonaktif. Salah satunya termasuk perguruan tinggi di wilayah Jawa Tengah, yakni Politeknik Surakarta.

"Selain Politeknik Surakarta, terdapat tiga PTS lainnya di Jawa Tengah yang dinonaktifkan, yakni Politeknik Jawa Dwipa Semarang, AMIK PGRI Kebumen, dan STIE Muhammadiyah Cilacap," kata Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, DYP Sugiharto.

Menurut Sugiharto, di antara empat PTS di Jawa Tengah yang dinonaktifkan tersebut, sebanyak dua di antaranya sudah tidak melaporkan lagi aktivitasnya kepada Kopertis selama lima tahun terakhir.

"Dua PT swasta itu adalah Politeknik Jawa Dwipa Semarang dan Politeknik Surakarta," katanya. Sebelumnya, kata Sugiharto, pihaknya sudah mendapatkan laporan dan ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung ke lokasi kampus tersebut dan ternyata sudah tidak ada lagi. Namun demikian, untuk Politeknik Surakarta sudah tidak melaporkan aktivitasnya sejak 2011.

Padahal, apabila Perguruan Tinggi Swasta tersebut akan menghentikan aktivitasnya, seharusnya mengajukan surat pengajuan tutup sesuai prosedur. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,