Keluarga Djarum Kantongi Kekayaan Rp 175 Triliun

 Keluarga Djarum Kantongi Kekayaan Rp 175 Triliun

R.Budi Hartono dalam sampul makalah Forbes

Jakarta - Keluarga Hartono masuk daftar dalam keluarga paling kaya di kawasan Asia, yang juga merupakan keluarga terkaya di Indonesia.
 
Kekayaan keluarga pemilik Grup Djarum tersebut mencapai 12,7 miliar dolar AS, atau setara Rp 176,5 triliun (kurs Rp 13.895 per dolar AS). Sosok paling terkenal dari keluaga ini adalah R Budi Hartono, Michael Hartono dan Oei Hong Leong.
 
Keluarga ini  mulai eksis pada 1950, saat Oei Wie Gwan mengakuisisi hampir semua perusahaan rokok yang nyaris bangkrut di Kudus, Jawa Tengah. Kemudian perusahaan itu disebut Djarum.
 
Dilansir Majalah Forbes, Kamis (8/10/2015) anaknya yakni Robert Budi dan Michael Hartono kemudian mengambil-alih kerajaan bisnis ini setelah Oei meninggal pada tahun 1963. Kini, anak tertua Budi, Victor Hartono, menjadi CEO Djarum yang merupakan perusahaan rokok terbesar di dunia.
 
Keluarga pemilik Grup Djarum itupun merupakan pemilik sejumlah perusahaan terkemuka. Salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BCA), bank terbesar dilihat dari market value dan bank terbesar kedua dari aset.
 
Perusahaan itu merupakan pemilik 47 persen saham Farindo Investment, perusahaan investasi yang memiliki banyak saham di kalangan perusahaan terkemuka. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,