Krisis Air Bersih Landa Beberapa Wilayah di Jabar

Krisis Air Bersih Landa Beberapa Wilayah di Jabar

Bandung - Sebagian besar wilayah di Provinsi Jawa Barat mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Sejauh ini wilayah paling parah terkena krisis air bersih, yakni Kabupaten Indramayu.
 
Kepala Suku Dinas Pengairan dan Sungai Jawa barat Edi Nasution mengatakan, selain musim kemarau yang cukup panjang krisis air bersih dan kekeringan juga terjadi akibat Sungai Cimanuk sebagai salah satu sumber air tak lagi mengalir ke Kota Mangga tersebut. 
 
Hal tersebut disebabkan karena air yang biasanya dialirkan ke wilayah Indramayu dibendung untuk mengisi Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat. "Penutupan aliran air ke sungai Cimanuk sudah sekitar 55 hari, sejak Waduk Jatigede dilakukan penggenangan," katanya, Jumat (9/10/2015).

Selama penggenangan Waduk Jatigede, lanjut Edi secara otomatis air tidak lagi mengalir ke Sungai Cimanuk dan berdampak pada warga Indramayu, yang tak bisa memanfaatkan sungai tersebut. Sementara warga dan PDAM hanya memanfaatkan sungai-sungai kecil lainnya untuk kebutuhan air bersih sehari-hari. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,