Penjara di Filipina Kebakaran, 10 Napi Hangus Terbakar

Penjara di Filipina Kebakaran, 10 Napi Hangus Terbakar

Abulog - Sedikitnya 10 narapidana (napi) tewas, menyusul kobaran api membakar blok khusus di Penjara Kota Abuyog, Filipina, yang menjadi tempat para pengidap gangguan kejiwaan. Penjara tersebut dikabarkan diisi banyak napi, sehingga melebihi kapasitas yang seharusnya.
 
Dilansir AFP, Jumat (9/10/2015) pihak Otoritas Filipina lewat Kementerian Hukum Filipina, kepala penjara dan para napi bahu-membahu menyelamatkan napi yang masih terjebak di penjara, ketika api semakin meluas. Api yang besar terus menjilati bagian keamanan maksimum di penjara regional itu, yang berlokasi di Pulau Leyte, 620 km dari tenggara Manila.
 
Menurut Menteri Hukum Filipina, Leila de Lima, sebagian besar korban tewas akibat kebakaran tersebut adalah napi yang ditahan di bagian tahanan khusus yang memiliki gangguan jiwa. "Napi yang tewas terdiri atas lima napi, adalah tahanan yang memilliki gangguan jiwa, dua napi sudah lemah dan tua," katanya.
 
"Dua napi sebenarnya sudah selamat, namun kembali membantu napi lain yang terjebak. Akibatnya mereka berdua terjebak hingga kedua napi itu tewas terbakar. Korban tewas yang terakhir masih belum teridentifikasi," tegas De lima.
 
Sejauh ini, penjara di Filipina terkenal dengan terlalu penuh napi dan fasilitas yang sangat buruk. Penjara yang terbakar ini tersebut sebenarnya memiliki kapasitas maksimal napi 200 orang. Namun ternyata ketika kebakaran terjadi, napi yang di dalam penjara itu berjumlah 1.895. (Jr.)**

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,