Lebih 61 Ribu Warga Riau Terpapar Penyakit Akibat Asap

Lebih 61 Ribu Warga Riau Terpapar Penyakit Akibat Asap

Pekanbaru- Sedikitnya 61.764 warga terpapar penyakit akibat kabut asap. hal itu didominasi oleh infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Rinciannya, jumlah warga terserang ISPA sebanyak 51.413 orang, Pneumonia berjumlah 895 orang, asma 2.430 orang, iritasi mata 3.061 orang, dan gangguan kulit 3.965 orang.
 
"Paling banyak penyakit yang ditimbulkan akibat kabut asap berada Pekanbaru yang mencapai 13.914 penderita," kata koordinator tim media center Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Roziah Rossi, Jumat (9/10/2015).
 
Diharapkan, warga tetap memakai masker jika beraktivitas di luar rumah. Dia juga berharap selain pemerintah, pihak swasta diminta membantu penangan asap.
 
Bencana asap mengundang keprihatinan banyak pihak, termasuk perusahaan PT Asian Agri. Perusahaan itu menyerahkan bantuan sebanyak 10 ribu masker kepada warga melalui DPRD setempat. "Dampak asap tentu saja menjadi keprihatinan kita bersama," kata Rafmen, Head CSR Asian Asian Agri saat menyerahkan bantuan masker untuk warga ke DPRD Riau.
 
Selain bantuan masker, pihaknya menggelar pengobatan gratis dan pembagian vitamin. "Selama masa darurat asap, kami juga sudah membuka klinik kebun untuk melayani warga yang terkena ISPA," katanya.
 
Sementara itu, Dinas Kesehatan Sumatera Utara mencatat jumlah kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Sumut mencapai 90.596 kasus hingga Agustus 2015. Jumlah tersebut meningkat hampir 22 persen ‎dibandingkan dengan periode Juli 2015 yang hanya 66.565 kasus.
 
Kepala Seksi Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Sumut, Sukarni menyebutkan, ‎kondisi itu telah memasuki fase waspada. Pihaknya sendiri telah mengirimkan nota kewaspadaan itu kepada pemerintah kabupaten/kota di Sumut.
 
"Sudah kita sampaikan peringatannya ke daerah. Kita juga sudah meminta mereka untuk mengimbau masyarakat agar menggunakan masker dan segera ke puskesmas jika terindikasi ISPA," katanya.
 
Menurutnya, saat ini pihaknya telah mendistribusikan sebanyak 235 ribu masker ke kabupaten/kota. Pembagian masker difokuskan ke-13 daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau. "Selain masker, kami juga telah memberikan stok obat-obatan yang dibutuhkan. Dinkes Sumut juga masih memiliki stok masker yang cukup untuk dibagikan," jelasnya.(Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,