Bandung Tambah PJU Pintar Permudah Deteksi Kerusakan

Bandung Tambah PJU Pintar Permudah Deteksi Kerusakan

Bandung - Pemkot Bandung melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, tengah mengembangkan sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) pintar. Dengan menggunakan chip khusus yang dipasang di tiang PJU, akan mempermudah untuk mendeteksi kerusakan PJU.
"Lewat teknologi ini, PJU yang rusak dapat dengan mudah terdeteksi, melalui chip yang terpasang di tiang PJU," kata Kepala Bidang Pengelolaan Bahan dan PJU DBMP Kota Bandung, Rosyidi Santoni.
Menurutnya, selama ini petugas kerap kali kewalahan untuk memperbaiki PJU yang rusak, karfena patugas harus mengecek satu per satu tiang-tiang PJU. Namun dengan PJU pintar pengecekan cukup melalui ruang monitor. Di ruang monitor kerusakan PJU dapat dengan mudah terdeteksi. Rencananya ruang monitor ini akan dibuat seperti Bandung Command Center (BCC) di Balaikota.

"Otomatis, sistem akan mengirimkan notifikasi terkait kerusakan yang terjadi, sehingga kerusakan bisa kita tangani dengan cepat," tegas Rosyidi.

PJU pintar ini masih dalam tahap uji coba. Di Kota Bandung, PJU pintar baru terpasang di 144 titik yakni di Tamansari 16 titik, Jalan Merdeka 20 titik, Balaikota 28 titik dan Surapati 80 titik. Secara bertahap seluruh PJU di Kota Bandung akan diganti dengan PJU pintar. "Kami pasang secara bertahap. Targetnya, 1.500 PJU per tahun. Selain itu kita bangun ruang monitornya, anggaran yang disediakan sekitar Rp 200 juta," katanya.

Disebutkan, saat ini ada sekitar 37 ribu titik PJU  di Kota Bandung. Sebanyak 37 ribu titik PJU terdiri dari 21 ribu titik PJU standar (terpasang di ruas jalan), 8.000 titik PJU (terpasang di pemukiman) dan sisanya PJU klasik dan PJU highmast. Sementara Pemkot Bandung menargetkan ada 68 ribu titik PJU di Kota Bandung. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,