12 Budayawan dan Seniman Terima Anugerah Budaya

12 Budayawan dan Seniman Terima Anugerah Budaya

Para penerima Anugerah Budaya Kota Bandung bersama Walikota Bandung usai menerima penghargaan di Gedung Bank Indonesia Jl. Braga Bandung, Selasa (13/10/2015) foto Wa Ode

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil memberikan Anugerah Budaya Kota Bandung kepada 12 tokoh berbagai profesi yang dianggap berjasa mengangkat citra Kota Bandung di Ruang Bale Pasundan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov Jawa Barat, Selasa (13/10/2015) malam.
 
Acara yang digelar  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung untuk tahun ke 10  ini diterima langsung oleh  Ade Rudiana untuk bidang Karawitan, David Bambang Soediono bidang Heritage, Doel Sumbang untuk bidang Musik, Forum Film Bandung (FFB) bidang Film, Galeri Soemardja untuk bidang Seni Rupa, Gerbong Bawah Tanah pada bidang Kreativitas Seni, Jim Supangkat bidang Pemikiran Budaya, Komunitas Aleut untuk bidang Pencinta Sejarah, Majalah Mangle bidang Sastra Sunda, Mas Nanu Muda bidang Tari, T Bachtiar bidang Lingkungan, dan  Yusef Muldiyana bidang Teater.
 
Para penerima penghargaan ini dinilai oleh tim juri yang diketuai oleh Arthur S Nalan, dan anggota seperti  Etti RS, Adjie Esa Poetra, Cecep Burdansyah, dan Tisna Senjaya. Menurut Arthur S Nalan Anugerah Budaya Kota Bandung adalah Komitmen dan Kesetiaan. "Penerima Anugerah Budaya ini mereka yang memiliki komitmen dan kesetiaan pada bidang budaya yang digelutinya baik bidang seni, sosial, lingkungan dan lainnya. Mereka adalah orang-orang yang bergerak tanpa pamrih dalam melakukan apa yang harus dilakukan," ujar Arthur. 
 
Sementara Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, secara faktual Kota Bandung dihuni sebagian besar oleh anak-anak muda yang memiliki karakter kreatif dan senang berkolaborasi, sehingga Kota Bandung dikenal sebagai salah satu kota kreatif yang warganya banyak menghasilkan kreativitas yang dihargai tidak saja secara nasional tetapi bahkan secara Internasional. 
 
"Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung berkepentingan untuk memberikan penghargaan kepada para tokoh dan pelaku kebudayaan yang telah mengharumkan nama Kota Bandung melalui karya-karya dan eksistensinya. Penghargaan ini merupakan salah satu dukungan kepada budayawan untuk terus berkreasi, terutama untuk menjadikan kebudayaan sebagai lokomotif perubahan, sekaligus dalam rangka mengakselerasi Visi Kota Bandung  sebagai kota uang unggul, nyaman dan sejahtera," ungkap pria yang akrab disapa Emil ini. (Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,