Jennifer Lawrence Mulai Sadar Jumlah Honor yang Diterima

Jennifer Lawrence Mulai Sadar Jumlah Honor yang Diterima

Los Angeles  -  Peraih Oscar Jennifer Lawrence mengatakan dia berhenti jadi "anak manis" jika berhubungan dengan diskriminasi gender dan kesetaraan honor untuk perempuan di Hollywood. Aktris "Hunger Games" itu mengaku sempat khawatir dicap sebagai anak manja saat merundingkan tawaran bermain film pada masa lalu. Tapi pria tak mengalami masalah itu, kata Lawrence dalam esai di buletin Lenny yang diproduksi penulis dan sutradara "Girls" Lena Dunham, Selasa (13/10/2015).

Lawrence (25), yang menurut Forbes merupakan aktris termahal tahun lalu dengan perkiraan pendapatan 52 juta dolar AS dari film dan iklan, tahu dari surel Sony Pictures yang bocor tahun lalu bahwa dia dibayar jutaan dolar AS lebih sedikit ketimbang tiga rekan aktornya dalam film "American Hustle" (2013).

"Ketika peretasan Sony terjadi dan saya mengetahui bahwa saya dibayar lebih sedikit daripada para pria, saya tidak marah kepada Sony. Saya kesal pada diri sendiri. Saya gagal sebagai perunding karena saya cepat menyerah," tulis Lawrence.

Lawrence, yang meraih Academy Award 2013 untuk perannya dalam "Silver Linings Playbook", mengatakan bahwa saat itu dia tidak mau disebut sebagai orang yang sulit atau manja "sampai saya melihat daftar gaji di Internet dan menyadari setiap pria yang bekerja bersama saya tak jelas khawatir menjadi 'sulit' atau 'manja'."

Seperti dilansir Reuters, meski dia menjadi perempuan dengan pendapatan terbesar di Hollywood, berkat waralaba film "The Hunger Games", pendapatannya tak seberapa ketimbang Robert Downey Jr., yang mendapat bayaran 80 juta dolar AS dari "Iron Man" menurut data Forbes.

"Saya sudah berhenti berusaha mencari cara 'manis' untuk mengutarakan opini saya dan tetap disukai orang... Jeremy Renner, Christian Bale dan Bradley Cooper semuanya berusaha dan sukses dalam negosiasi untuk mereka sendiri," tulis dia. "Saya yakin mereka mendapat pujian karena tegas dan taktis, sementara saya sibuk khawatir disebut anak manja dan tidak mendapatkan balasan yang adil." 

Meryl Streep mengatakan kepada BBC pekan lalu, bayarannya tak sebanding dengan rekan-rekan aktor, sementara aktris Patricia Arquette "Boyhood" meminta kesetaraan honor untuk perempuan ketika memberi kata sambutan saat menerima Oscar. (Ode)**
.

Categories:Film,
Tags:,