Pasca Kerusuhan, Ribuan Warga Singkil Mengungsi ke Tapanuli

Pasca Kerusuhan, Ribuan Warga Singkil Mengungsi ke Tapanuli

Banda Aceh - Lebih dari 1.900 warga Singkil, Aceh mengungsi ke wilayah Tapanuli, Sumatera Utara pasca kerusuhan yang berbuntut pada pembakaran tempat ibadah dan menewaskan satu orang. Demikian disampaikan Kepala Badan Kesbangpolinmas Sumatera Utara, Edy Sofyan, seperti dilaporkan media setempat, Rabu (14/10.2015).

"Berdasarkan data sementara 1.000 orang di Kabupaten Tapanuli Tengah, dan sekitar 900 orang lainnya mengungsi ke wilayah Phak-Phak Barat," katanya. Mereka diakomodir oleh pemerintah daerah setempat bersama petugas keamanan. Sebagai langkah awal, pemerintah lebih mengutamakan faktor keselamatan yang segera disusul dengan langkah penyelesaian konflik.

"Kita tidak melihat konfliknya, melainkan penyelamatan kemanusiaannya," katanya. Permasalahan kerusuhan yang di Singkil diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah Singkil dengan aparat keamanan. "Tugas kita harus tetap menjaga kedamaian di wilayah Sumatera Utara," tegasnya.
 
Sementara itu, untuk mencegah kejadian serupa di Sumatera Utara, pemerintah setempat langsung melakukan pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara. "Kita meminta para pemuka agama , untuk memberikan himbauan kepada warga agar tidak mudah terprovokasi," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,