Kekurangan Penumpang, 5 Penerbangan Dibatalkan

Kekurangan Penumpang, 5 Penerbangan Dibatalkan

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK II) Pekanbaru. (Foto: Net)

Pekanbaru - Lima dari 10 penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK II) Pekanbaru dibatalkan karena tidak mencukupi standar muatan penumpang.

"Hal itu terjadi pada semua jenis pesawat beroperasi disini seperti City Link, Lion Air, Batik Air dan lainnya yang melayani rute antara Jakarta-Pekanbaru dan sebaliknya," kata petugas Duty Airport Manager SSK II Baiquni Sudrajad di Pekanbaru, Selasa (04/11/2014).

Menurut dia, penyebab pembatalan penerbangan, biasanya berkemungkinan besar dipengaruhi faktor perekonomian masyarakat yang relatif menurun.

Ia menjelaskan, dalam kondisi normal di Bandara SSK II setiap hari melayani sebanyak 70 penerbangan, di mana 35 di antaranya yang datang dan separoh sisanya berangkat dari Pekanbaru.

"Kadang ada juga yang hanya 60 penerbangan dalam sehari," katanya.

Terkait kabut asap yang akhir-akhir ini kembali menyelimuti Pekanbaru, menurut dia tidak mempengaruhi penerbangan di SSK II.

Menurutnya, kabut asap tersebut memang nampak, namun hal itu masih normal dan belum mempengaruhi standar jarak pandang untuk para pilot mengendalikan pesawat.

"Setiap maskapai mempunyai ukuran jarak pandang masing-masing, namun, sesuai standar Departemen Penerbangan harus minimal tembus 1500 meter," imbuhnya lagi.

Sementara itu, terkait dengan penambahan rute penerbangan di SSK II, dia menyebutkan, pada pertengahan November ini City Link juga akan membuka untuk rute Pekanbaru-Surabaya.

"Sebelumnya juga sudah ada penambahan rute di SSK II ke Bandung dan Jogyakarta," ungkapnya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,