Kabut Asap Indonesia Kembali Selimuti Filipina

Kabut Asap Indonesia Kembali Selimuti Filipina

Davao - Kabut asap asal Indonesia kembali  menyelimuti Filipina. Layanan Administrasi Atmosfer Geofisika Astronomi Filipina (Pagasa) mengonfirmasi, kabut asap yang menyelimuti wilayah Davao, Filipina berasal dari kebakaran hutan di Indonesia.
 
Pengamat cuaca Pagasa Ben Rosales menyampaikan kepada Badan Informasi Filipina, asap itu terbawa oleh angin Muson yang berembus ke timur laut menuju Filipina. Kabut asap telah diamati di Kota Davao sejak 17 Oktober, sedangkan di Kota Cebu telah diamati sejak tanggal 3 Oktober.

Dilansir Davaotoday.com, kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Indonesia telah mempengaruhi delapan negara di Asia Tenggara. Negara yang paling terdampak adalah Malaysia, Singapura dan Brunei. Indeks Standar Polutan (PSI) Singapura sempat mencapai 471 dan masuk dalam kategori berbahaya, membuat negara itu meliburkan sekolah dan beberapa acara olahraga.

Beberapa negara pun telah membantu Indonesia untuk berupaya memadamkan api. Namun, kebakaran yang sangat luas dan ribuan titik api yang tersebar, membuat upaya pemadaman tak bisa berlangsung dengan mudah.

Sementara itu, pejabat Malaysia bahkan sempat mengeluarkan pernyataan, kebakaran hutan di Indonesia hanya bisa dipadamkan jika hujan turun. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,