Franz Beckenbauer Diperiksa Terkait "Korupsi" FIFA

Franz Beckenbauer Diperiksa Terkait

Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer, bersama bekas wakil presiden FIFA dari Spanyol, Angel Maria Villar  diperiksa terkait  korupsi FIFA pada hari Rabu (21/10/2015). Nama Beckenbauer diserahkan oleh komite etik FIFA ke komite ajudikasi untuk menentukan langkah selanjutnya yang akan mereka ambil.
 
Penyebab penyelidikan tidak disebutkan, tapi  berdasar banyak laporan, mereka diperiksa terkait proses pengajuan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, yang akhirnya dimenangkan Rusia dan Qatar.
Komite ajudikasi akan memutuskan apakah akan diambil langkah-langkah tertentu terhadap Beckenbauer, yang merupakan satu dari 22 orang yang ikut dalam pemungutan suara guna menentukan penyelenggara Piala Dunia 2018 dan 2022.
 
Beckenbauer juga diskors sementara oleh FIFA karena "gagal bekerja sama" terkait penyelidikan proses penentuan tuan rumah tersebut.

Legenda Jerman

Franz Beckenbauer adalah orang pertama yang berhasil menjuarai Piala Dunia baik sebagai pemain maupun sebagai manajer. Ia menjadi kapten timnas Jerman tahun 1974 dan membawa timnya juara, juga ketika menjabat sebagai pelatih di Piala Dunia 1990 di Italia.
 
Saat ini ia menjabat ketua kehormatan klub Bayern Muenchen. Dalam pernyataannya, FIFA juga mengatakan akan "mengerahkan segala daya upaya" untuk menyelesaikan pemeriksaan terpisah terhadap Presiden Sepp Blatter dan Presiden UEFA Michel Platini dalam jangka waktu 90 hari masa skorsing mereka.
 
Kedua tokoh ini dilarang mengikuti segala kegiatan terkait sepakbola, menyusul penyelidikan transaksi sebesar 2 juta Swiss Franc antara mereka seperti dilansir BBC.(Ode)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,