12 Pangeran Saudi Dukung Penggulingan Raja Salman

12 Pangeran Saudi Dukung Penggulingan Raja Salman

Riyadh - Menguat isu penggulingan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, menyusul 12 pangeran Saudi putra dari pendiri kerajaan mendukung rencana kudeta. Pangeran Ahmed bin Abdulaziz (73), saudara Raja Salman dan mantan Menteri Dalam Negeri Saudi, menjadi tokoh favorit untuk menggantikan Raja Salman.
 
Dukungan pangeran Saudi soal rencana penggulingan Raja Salman itu kembali diungkap seorang pangeran, yang merupakan salah satu dari cucu pendiri kerajaan Arab Saudi. Demikian bangsawan Saudi yang namanya dirahasiakan karena keselamatannya terancam kepada media Inggris, Independent.
 
Ia mengatakan, rencana penggulingan Raja Salman itu juga akan didukung para pemimpin agama Islam di Saudi atau para ulama. ”Ulama dan tokoh agama lebih condong ke Pangeran Ahmed. Tidak semua dari mereka mendukung, tapi sedikitnya 75 persen,” katanya. Disebutkan, dukungan administrasi akan menjadi penting untuk setiap suksesi monarki.
 
Pangeran Saudi itu pada bulan lalu menulis dua surat yang di-posting online, soal seruannya untuk menggulingkan Raja Salman. Meski identitasnya dirahasiakan, dia juga berbicara kepada Guardian soal rencana kudeta itu.
 
Berbagai masalah yang memicu isu kudeta terhadap Raja Salman, antara lain soal tragedi dalam pelaksanaan ibadah haji. Termasuk robohnya crane di Masjidilharam dan tragedi di Mina dengan korban tewas lebih dari dua ribu jamaah haji. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,