Bandung Lumpuh, Puluhan Ribu Bobotoh Turun ke Jalan

Bandung Lumpuh, Puluhan Ribu Bobotoh Turun ke Jalan

Sejumlah jalanan di Kota Bandung lumpuh, akibat puluhan ribu bobotoh turun ke jalan, Minggu (25/10/2015). (foto - istimewa)

Bandung - Arak-arakan tim Persib Bandung yang dimulai, Minggu (25/10/2015) siang dengan mengambil start di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, menyebabkan kemacetan parah di tiga kota dan kabupaten yang dilalui rombongan.
 
"Beberapa ruas jalan di Kota Bandung dan Cimahi pun dalam kondisi sangat padat, bahkan stag di beberapa titik," kata  Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono. Kemacetan parah sudah mulai terjadi sejak awal rombongan start di Kota Baru Parahyangan. Imbasnya kemacetan pun meluas hingga ke Gerbang Tol Padalarang.
 
Menjelang sore hari kemacetan parah juga terjadi di Jalan Gadobangkong, beberapa ruas jalan protokol di Kota Cimahi, hingga Fly Over Cimindi yang merupakan akses di perbatasan Kota Cimahi dan Kota Bandung. "Kemacetan juga terjadi di Pasar Ciroyom, Jalan Asia Afrika, Pasar Baru, Otista hingga jalan menuju ke tempat finish di Tegallega,” bebernya.
 
Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung pun tidak hanya macet parah, namun menyebabkan kendaraan terkunci dan sama sekali tidak bisa maju atau pun mundur. Kondisi lalu lintas lumpuh itu terjadi di Jalan Asia Afrika, seputaran Alun-alun Kota Bandung, dan Jalan Oto Iskandardinata, yang merupakan akses jalan menuju Lapangan Tegallega.
 
Dengan turunnya puluhan ribu bobotoh ke jalan otomatis cukup mengganggu pengguna jalan lainnya, yang tidak ikut dalam euforia dalam merayakan kemenangan Persib. "Namun apa yang bisa diperbuat kalau sudah berbaur dengan boibotoh di jalanan seperti ini," keluh beberapa pengguna jalan.
 
Di Jalan Sunda misalnya, arus lalu lintas benar-benar terkunci sehubungan dengan aksi para bobotoh yang bertingkah laku aneh di tengah jalan. Misalnya. mereka berjoget-joget di tengah jalan tanpa menghiraukan kendaraan dan pengguna jalan lainnya. Mereka pun menggerung-gerungkan sepeda motornya, serta mengibar-ngibarkan bendera, sehingga arus lalu lintas praktis terhenti tak bisa jalan.
 
Puluhan ribu bobotoh yang akan mengikuti pesta kemenangan Persib Bandung di Lapangan Tegallega pun memadati Jalan Asia Afrika. Dengan mengenakan atribut serba biru, para bobotoh berjalan beriringan. Namun masih banyak bobotoh yang menggunakan kendaraan roda dua dengan knalpot yang memekakkan telinga, sehingga menarik perhatian warga yang ada di pinggir jalan.

Banyak bobotoh juga yang menggunakan mobil bak terbuka. Hingga sore hari, Jalan Asia Afrika masih dipadati para bobotoh pihak kepolisian mulai turun untuk mengatur jalur jalan yang dilewati bobotoh. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,