Survei Menyebutkan, DPR Lembaga Negara Paling Korup

Survei Menyebutkan, DPR Lembaga Negara Paling Korup

Jakarta - Berdasarkan survei Populi Center, sebanyak 46,3 persen responden menyebut DPR/DPRD sebagai lembaga terkorup. Menurut Peneliti Populi Center Nona Evita, penelitian peringkat lembaga negara yang paling terkorup adalah DPR dan lembaga yang paling bisa dipercaya yaitu KPK.

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lembaga negara yang paling bisa dipercaya, sedangkan lembaga yang paling korup adalah DPR mencapai 46,3 persen, disusul Polri 12,6 persen," katanya dalam acara 'Satu Tahun Kabinet Kerja: Kinerja Sudah Terasa?' di Jakarta, Senin (26/10/2015).

Menurut Nona, peringkat lembaga terkorup bulan Oktober masih sama dengan Januari yang lalu. Namun, terjadi penurunan atas tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga legislatif tersebut. "Tampak dari 56,1 persen masyarakat menyatakan, DPR sebagai lembaga negara yang kurang bisa dipercaya," katanya.

Menurunnya tingkat kepercayaan itu terjadi ketika DPR mengajukan permohonan untuk meningkatkan dana aspirasi hingga Rp 20 miliar per anggota. Publik juga menyoroti beberapa kebijakan yang diambil lembaga legislatif. "Yang jadi kontroversi paling disesalkan oleh responden yaitu dana aspirasi Rp 20 miliar per anggota dengan persentase 32,9 perse, dan 15,3 persen tentang pembangunan gedung baru di DPR," tandasnya.

Disebutkan, survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden dari 34 provinsi sejak tanggal 15-22 Oktober 2015. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan tingkat kesalahan 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:,