Ribuan Rumah Hancur Disapu Badai Patricia di Meksiko

Ribuan Rumah Hancur Disapu Badai Patricia di Meksiko

Mexico City - Dampak Badai Patricia yang menghantam Meksiko pada Jumat pekan lalu, meninggalkan banyak kerusakan di negara bagian Amerika Serikat itu. Badai berkekuatan 800 milibar tersebut awalnya mendarat di pantai Pasifik Meksiko, sebelum akhirnya bergerak menuju ke pegunungan.

Seperti dilansir Indian Express, petugas masih memeriksa area yang terisolasi karena jalan raya terhalangi oleh robohnya pohon-pohon. "Tidak ada laporan mengenai korban tewas atau terluka," kata Roberto Lopez Lara, Sekretaris Kementerian Dalam Negeri negara bagian Jalisco.

Namun demikian, sekitar 3.500 rumah hancur karena badai tersebut dan 3.500 hektar lahan pertanian ikut terkena dampaknya. Presiden Enrique Pena Nieto mengatakan, sebanyak 325.000 masyarakat kehilangan arus listrik saat badai terjadi. "Ketika itu merupakan saat-saat terpanjang dalam hidup saya. Seperti mengendarai wahana roller coaster," kata Sergio Reyna Ruiz, salah seorang warga di Dusun La Fortuna .

Dirinya sempat mencoba untuk mengamankan atapnya dengan menggunakan besi, namun usahanya gagal. Atap rumah miliknya terbawa badai, namun Reyna mengaku lega karena seluruh anggota keluarganya selamat.

Sementara di daerah Puerto Vallarta, badai juga menyerang perumahan yang ditinggali sekitar 200.000 orang termasuk penduduk AS dan turis, namun tidak menyebabkan kerusakan karena terhalangi oleh pegunungan. "Kami beruntung badai menyerang daerah yang bukan wilayah padat penduduk," kata Dennis Feltgen, seorang ahli meteorologi dan juru bicara US National Hurricane Center.

Badan Pusat Badai mengatakan, badai itu merupakan badai terkuat yang pernah ada dalam catatan di bagian belahan bumi Barat dengan kekuatan utama 800 milibar. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,