Dibekuk, Bomber Mall Alam Sutera Tangerang

Dibekuk, Bomber Mall Alam Sutera Tangerang

Jakarta - Dalam melakukan aksi teror, Leopard Wisnu Kumala, tersangka pengebom di Mall Alam Sutera, Tangerang senantiasa meracik bom dari tangannya sendiri.
 
Menurut Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti, pihaknya telah mendapat gambaran jelas terhadap pelaku. Diketahui, Leo telah membuat lima bom guna diledakkan di Mal Alam Sutera, Tangerang.
 
"Leo sudah membuat lima bom dengan kronologis dua bom gagal, dua bom berhasil meledak dan satu bom lagi berhasil dijinakkan oleh tim Gegana," kata Krishna di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (29/10/2015).
 
Krishna menjelaskan, pada 6 Juli 2015 lalu sekuriti Mall Alam Sutera berhasil mengamankan rangkaian bom yang diletakkan Leo di kaleng racun serangga di Food Hall Alam Sutera. "Kenapa kamu letakkan di dalam kaleng Baygon? Apa tujuannya?" tanya Krishna kepada pelaku.
 
"Biar efeknya lebih dahsyat pak," kata Leo. Sontak pengakuan itu pun mendapat sorakan keras dari awak media. Lalu pada 9 Juli 2015, Leo kembali meletakkan bom di tempat yang sama, yakni Mall Alam Sutera dan berhasil meledak. Beruntungnya, tidak ada korban dalam peristiwa itu. Hanya saja kaca kamar mandi retak.
 
"Sepekan lalu di bulan Oktober, Leo kembali melakukan hal serupa. Kali ini dia letakkan di tong sampah dan ternyata tidak meledak," aku Krishna.
 
Sementara, bom yang keempat adalah yang kemarin terjadi dan mengakibatkan dua orang karyawan mengalami luka-luka. "Pada saat ditangkap masih ada satu bom aktif yang dia pegang," katanya.
 
Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian menjelaskan, dalam melakukan aksinya, Leo selalu melakukannya di Mall Alam Sutera, alasannya karena kantor Leo berada di dekat mall itu. "Dia melakukan di Alam Sutera karena kantornya dekat situ, di samping mall. Jadi dia tahu jalan tikus menuju ke situ," katanya.
 
Oleh karena itu, Leo memanfaatkan keberadaan Mall Alam Sutera lantaran jaraknya yang dekat dengan kantornya. Dirinya paham betul jalan menuju mall tersebut.
 
Pihak kepolisian pun sempat terkecoh karena menduga, pelaku bom Mall Alam Sutera pasti menggunakan kendaraan bermotor. Bahkan, kepolisian pun sampai memeriksa karcis parkir dan setiap orang yang mengunjungi mall di jam tersebut.
 
"Awalnya kami pikir pelaku menggunakan kendaraan motor. Kita sudah periksa semua karcis parkir dan orang yang masuk pada jam tertentu. Tapi ternyata dia jalan kaki," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,