Bom Alam Sutera Ternyata Berdaya Ledak Tinggi

Bom Alam Sutera Ternyata Berdaya Ledak Tinggi

Tersangka peledakan bom di Mall Alam Sutera (Liputan6.com/ Hanz Jimenez Salim)

Jakarta - Tersangka pengebom Mall Alam Sutera, Tangerang sudah ditangkap Polda Metro Jaya. Bom yang digunakan untuk meledakkan toilet mall tersebut, ternyata masuk kategori high explosive (berdaya ledak tinggi).

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian menjelaskan, bahan baku yang digunakan pelaku adalah TATP (triacetone triperoxide). "Bahan peledak yang digunakan TATP. Yakni jenis yang mudah dibuat tapi sensitif dan tak stabil dan masuk kelompok high explosive," kata Tito saat memberikan keterangan pers di Ruang Utama, Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2015).

Tito mengatakan, ukuran itu diketahui dari hasil analisa yang dilakukan tim Polda Metro Jaya. Bom punya kecepatan daya ledak 1.000 hingga 3.000 meter per detik. Namun, pelaku hanya menggunakan bahan yang sedikit. Sementaran TAPT punya kecepatan daya ledak hingga 5.300 meter per detik. "Dalam kasus ini hanya menggunakan 10 gram," tegasnya.

Meski begitu, sedikit atau banyaknya bahan yang digunakan pelaku, tetap tidak menghapus kategori high explosive bom. "Ini sudah bisa menyebabkan kerusakan yang lumayan," tegas Tito. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,