772 Rumah di Bogor Hancur Disapu Puting Beliung

772 Rumah di Bogor Hancur Disapu Puting Beliung

Bogor - Ratusan rumah di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jumat petang kemarin disapu angin puting beliung, pada saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebutkan, sedikitnya ada 772 rumah warga yang rusak akibat diterpa angin puting beliung. Rumah yang hancur tersebut beradda tersebar10 desa Kecamatan Ciomas.

"Jumlah ini kemungkinan bisa bertambah. Kami masih terus melakukan pendataan," kata Kasie Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo, di Posko Bencana Alam Puting Beliung, Kecamatan Ciomas, Sabtu (31/10/2015).

Menurutnya, tingkat kerusakan akibat puting beliung ini bervariasi. Rata-rata kerusakan di bagian atap rumah hancur akibat tertiup angin dan tertimpa pohon tumbang. "Paling parah menimpa 102 rumah. Untuk yang rusak sedang 424, dan rusak ringan 231," katanya.

Diakui Budi, pihaknya belum menerima laporan terkait adanya korban dalam peristiwa ini. Namun warga yang rumahnya roboh diungsikan ke rumah sanak-saudaranya atau ke tetangganya karena tidak bisa dihuni. "Ada 5 yang rumahnya roboh itu saat ini sudah mengungsi ke rumah tetangga dan saudaranya," tegas Budi.

Disebutkan, beberapa wilayah Kabupaten Bogor bagian barat seperti Kecamatan Ciomas, Tamansari, Tenjolaya, Ciampea dan Dramaga berpotensi terjadinya angin puting beliung. "Di wilayah itu setiap tahun ada kasus bencana angin puting," lanjutnya.

Sejauh ini, tim gabungan dari BPBD, Tagana, dan kepolisian masih melakukan evakuasi rumah korban. "Banyak rumah yang rusak tertimpa pohon, sehingga penanganan bencana tersebut terus dilakukan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,