Kebakaran Pasar di Filipina Menewaskan 15 Orang

Kebakaran Pasar di Filipina Menewaskan 15 Orang

Zamboanga - Sebuah kebakaran terjadi di pasar Zamboanga, Filipina saat para pedagang dan pemilik kios di pasar tersebut tengah tertidur lelap. Kebakaran yang terjadi Sabtu (31/10/2015) pukul 02.45 waktu setempat itu terjadi di deretan kios pakaian bekas -- atau yang dikenal sebagai 'ukay-ukay' oleh masyarakat setempat -- dan lapak sayuran di area Magay, Barangay Zona 1.

Sedikitnya 15 orang, termasuk 6 anak-anak tewas dalam kejadian itu. Aparat menyebut, sedikitnya 13 orang lainnya mengalami cedera dalam kebakaran yang terjadi selama 2 jam tersebut. 

Polisi dan penyelidik dari pihak pemadam kebakaran menyebut, api diduga terpercik dari kabel listrik yang tergantung rendah di area pasar.  "Percikan itu jatuh ke tumpukan baju dan memicu kebakaran," kata petugas kepolisian, Rafael Salcedo.
 
Dilansir Philipne Star, Sabtu (31/10/2015) kobaran api pun menjadi liar dan menghanguskan sebagian besar bangunan pasar. 

Kepala Zona 1, Hussin Sangkula mengatakan, pihaknya bergegas menuju TKP saat mendengar kabar adanya kebakaran. "Namun, sebelum saya sempat memarkir mobil, kebakaran nyaris menghanguskan seluruh area. Petugas pemadam kebakaran mencegah api melalap masjid di dalam pasar," katanya. 

Sementara, kepala pemadam kebakaran kota, Marshal Dominador Zabala Jr. mengatakan, hanya dalam waktu 3 menit, kebakaran meningkat ke level 3. Gang-gang yang sempit mempersulit petugas pemadam masuk ke area. Kebakaran baru berhasil dikendalikan setelah 2 jam. 

Zabala menjelaskan, setidaknya 350 kios hangus terbakar, sedangkan bangunan komersial 3 lantai terbakar sebagian. Para petugas menemukan jasad-jasad korban kebakaran di kios yang didirikan di atas sungai kecil. Sejumlah korban luka berhasil menyelamatkan diri dengan menyusuri saluran air. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,