Ditemukan, 120 Jasad Utuh Pesawat Rusia yang Jatuh

Ditemukan, 120 Jasad Utuh Pesawat Rusia yang Jatuh

Kairo - Otoritas berwenang Mesir melaporkan, pesawat Airbus A321 milik maskapai Rusia, Metrojet Kogalymavia dipastikan jatuh di wilayah Semenanjung Sinai, Mesir.  Pihak otoritas keamanan Mesir pun telah menemukan 120 jasad utuh, termasuk lima jenazah dari 17 penumpang anak-anak yang tercatat dalam manifest.
 
"Saya telah melihat dengan mata kepala sendiri tragedi jatuhnya pesawat itu. Petugas keamanan kami telah menemukan 120 jasad, yang diyakini merupakan penumpang pesawat,” kata seorang petugas keamanan Mesir melalui sambungan telepon kepada Reuters, Sabtu (31/10/2015).
 
"Kami mendengar banyak telepon selular berdering yang diyakini milik penumpang. Kami yakin sisa penumpang yang lainnya masih berada di dalam puing badan pesawat. Saya berharap masih ada penumpang yang selamat," katanya.
 
Pihak Maskapai Metrojet Kogalymavia sendiri menyatakan, pesawat yang jatuh di Mesir itu membawa 212, namun kini mereka telah meralatnya menjadi 224 penumpang. 
 
Meski telah dipastikan jatuh, Menteri Penerbangan Sipil Mesir, Mohamed Hossam Kamal mengatakan, masih terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat komersial Rusia tersebut.
 
Sebelumnya diberitakan, semula pesawat Airbus A321 dengan nomor penerbangan 7K-9268 milik Maskapai Metrojet Kogalymavia dijadwalkan lepas landas dari wilayah Sharm el Sheikh, Mesir  pada pukul 12.10 waktu setempat menuju St. Petersburg, Rusia pada pukul 03.51 waktu setempat.
 
Namun, 23 menit selepas take off dari Bandara Sharm el Sheikh, pesawat itu hilang kontak dengan pihak Air Traffic Control (ATC) bandara. Ternyata, beberapa menit setelahnya Kantor Perdana Menteri (PM) Mesir, Sharif Ismail mengeluarkan pernyataan, pesawat Airbus A321 itu jatuh di wilayah Sinai tengah.
 
 
Sejauh ini, otoritas keamanan dan tim penyelamat dari Mesir masih berupaya untuk menyelamatkan penumpang yang selamat, meski kemungkinannya sangat kecil. Pemerintah Mesir sendiri telah mengerahkan 50 ambulans ke lokasi jatuhnya pesawat. 
 
"Ada beberapa seksi lain dari pesawat dengan penumpang di dalamnya yang masih coba dimasuki tim penyelamat. Kami berharap menemukan ada penumpang selamat, terutama setelah mendengar suara erangan dari penumpang di dalam,: kata salah seorang personel tim penyelamat Mesir.
 
Sementara itu, puing pesawat bernomor penerbangan 7K 9268 itu sendiri terbelah menjadi dua bagian. Sejumlah jasad masih tampak duduk di kursi penumpang dengan sabuk pengaman yang masih terpasang. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,