12 Kecamatan di Meulaboh Dikepung Banjir

12 Kecamatan di Meulaboh Dikepung Banjir

Murid sekolah memberishkan sampah di salah satu ruangan belajar yang terendam banjir di Sekolah Dasar 43, Banda Aceh, Selasa (4/11)

Meulaboh - Sedikitnya 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat dilanda banjir, mengusul hujan lebat yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Saiful AB di Meulaboh, Selasa (2/11) menyatakan, selain merusak rumah penduduk, banjir juga menyebabkan jalan ambruk, sehingga membuat warga terkurung banjir.

"Secara umum, ada 12 kecamatan terkena banjir. Ada kawasan yang tidak bisa kami jangkau karena medan jalannya sangat sulit. Juga ada tanah longsor. Warga tidak dapat dievakuasi untuk diinstruksikan mengungsi ke dataran lebih tinggi," kata Saiful AB.

Ia mengatakan, beberapa rumah yang ambruk dihantam banjir bandang berada di kawasan Kec. Pante Ceureumen. Kemudian kawasan longsor dan terkurung banjir di Kec. Woyla Timur. Sementara, jembatan permanen yang ambruk 10 m terjadi di Blang Luah, Kec. Woyla Barat.

Dikatakannya, hingga Selasa (4/11) tim SAR dari Kab. Aceh Selatan berdatangan ke Aceh Barat untuk membantu mengevakuasi warga yang terkurung banjir, yang dipicu oleh meluapnya sungai yang melingkari kawasan itu.

Selain itu, lanjutnya data yang diterima petugas di lapangan bahwa banjir terus meluas. Bahkan sudah mengepung seputar Kota Meulaboh yang menjadi ibu kota Kabupaten Aceh Barat. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,