Bandara Ngurah Rai Ditutup Akibat Erupsi Gunung Barujari

Bandara Ngurah Rai Ditutup Akibat Erupsi Gunung Barujari

Suasana di Bandara Ngurah Rai Bali tak seramai biasanya karena dihentikannya kepergian dan kedatangan terkait erupsi Gunung Barujari. (foto - istimewa)

Denpasar -  Mulai pukul 19.30 Wita hingga pukul 23.30 Wita Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup. Penutupan bandara tersebut sebagai akibat terkena dampak erupsi Gunung Barujari, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/11/2015).
 
Rilis dari pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menyebutkan, penutupan tersebut ‎dilakukan berdasarkan Notam A2468/15. Akibatnya, seluruh penerbangan yang akan mendarat maupun berangkat dari Bali baik rute domestik maupun rute internasional praktis terhenti.
 
Penerbangan yang rencananya akan mendarat ke Bali akan dialihkan ke bandara terdekat lainnya. Sebelumnya, tadi siang ada beberapa maskapai dari Australia sudah membatalkan penerbangan yang diumumkan melalui layar monitor di terminal internasional.
 
Diberitakan sebelumnya, Gunung Barujari di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dilaporkan meletus dengan mengeluarkan asap dan debu. Kepala Resort Sembalun, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Zulfahri mengatakan, Gunung Barujari yang disebut sebagai anak Gunung Rinjani oleh masyarakat Pulau Lombok, saat ini masih mengeluarkan asap dan debu.
 
Sementara itu, maskapai penerbangan Australia membatalkan sejumlah jadwal kedatangan dan keberangkatan ke Denpasar, Bali, Selasa (3/11/2015). Di Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Internasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pembatalan itu telah diumumkan melalui layar monitor dengan bertuliskan "cancel due to volcano".
 
Maskapai yang membatalkan penerbanganya ke Bali itu di antaranya Virgin Australia, dengan nomor penerbangan VA-043 dari Brisbane dan VA-049 dari Melbourne. Selain itu, jadwal keberangkatan juga dibatalkan oleh beberapa maskapai di antaranya Jetstar dengan nomor penerbangan JQ-44 tujuan Melbourne yang seharusnya berangkat pukul 14.25 Wita terpaksa dibatalkan. 
 
Maskapai penerbangan Virgin Australia dengan nomor penerbangan VA-060 tujuan Perth yang seharusnya lepas landas pukul 13.30 Wita juga di-cancel atau dibatalkan. Sementara maskapai penerbangan lainnya tujuan sejumlah destinasi pada layar monitor di Terminal Keberangkatan Internasional tertulis masih dijadwal.
 
Kepala Otoritas Bandara Udara I Gusti Ngurah rai, Yusfdri Gona menjelaskan, ada dua maskapai yang membatalkan penerbangan yaitu Virgin Air dan Jetstar. "Pesawat virgin membatalkan lima kali keberangkatan dan kedatangan di  Bandara Ngurah Rai. Sedangkan Jetstar membatalkan penerbangan sebanyak empat kali kedatangan dan keberangkatan,” tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,