Seluruh Jalur Pendakian Menuju Gunung Rinjani Ditutup

Seluruh Jalur Pendakian Menuju Gunung Rinjani Ditutup

Gunung Barujari, Laombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali meletus. (Antarafoto)

NTB - Meletusnya Gunung Barujari di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terus menerus mengeluarkan asap dan debu, menyebabkan aparat setempat menutup seluruh jalur pendakian resmi ke Gunung Rinjani.
 
"Semuanya ditutup aibk melalui Sembalun atau Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur, serta Senaru di Kabupaten Lombok Utara," kata Kepala Resort Sembalun, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Zulfahri.
 
Gunung Barujari yang biasa disebut sebagai anak Gunung Rinjani dan letaknya berdekatan dengan Danau Sagara Anak terus mengeluarkan semburan asal dan debu. "Aktivitas pendakian sudah ditutup karena kondisi tidak memungkinkan untuk keselamatan para pendaki," katanya.
 
Menurut Zulfahri, informasi itu pula sudah disampaikan kepada para pemandu wisata dan lewat internet. Pihak TNGR juga sudah menghubungi panitia acara "Mulang Pekelem" untuk mengkondisikan kegiatannya ,karena situasi di sekitar Gunung Rinjani tidak memungkinkan bagi keselamatan.
 
"Acara keagamaan tersebut akan berlangsung dua hari lagi, sehingga kami sudah menghubungi panitia acara untuk segera mengkondisikan kegiatannya demi keselamatan," tambah Zulfahri. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,