Inggris Diselimuti Kabut Tebal, Aktivitas Warga Terganggu

Inggris Diselimuti Kabut Tebal, Aktivitas Warga Terganggu

London - Sebagian besar wilayah Inggris diselimuti kabut tebal sejak hari Minggu, yang menyebabkan sektor transportasi yang mempengaruhi kehidupan warga terutama di Ibukota London terganggu.
 
Wilayah North Midlands, Inggris utara, dan Skotlandia selatan misalnya dilaporkan mengalami kejadian terparah. Sementara Badan Meteorologi Inggris kembali mengeluarkan peringatan yang dikenal dengan yellow warning, yang berarti cuaca buruk diperkirakan akan muncul dalam 24 jam ke depan.
 
Seperti dilansir Express, begitu tebalnya kabut membuat puluhan penerbangan terpaksa dibatalkan di Bandara Heathrow sejak Minggu lalu, yang terus berlangsung sampai Selasa. Puluhan penerbangan juga dibatalkan di beberapa bandara lainnya, seperti Gatwick dan London City Airport.
 
Fenomena alam itu juga menyebabkan kekacauan bagi para komuter, karena pelayanan kereta api dan bus dihentikan karena terhambat. Kantor Meteorologi Inggris mengeluarkan peringatan bagi warganya,  yang menggunakan kendaraan karena jarak pandang yang sangat terbatas.
 
Adapun peringatan tersebut dikeluarkan setelah seorang pria dilaporkan tewas, sedangkan anak perempuan yang bersamanya mengalami luka-luka setelah mobil yang mereka kendarai menabrak sebuah pohon. Kecelakaan tersebut diduga kuat disebabkan karena jarak pandang yang terbatas akibat kabut. 
 
Disebutkan, kabut tebal yang dapat disebut sebagai radiation fog (kabut radiasi) tersebut terbentuk di musim dingin saat cuaca malam cerah dengan tiupan angin yang semilir.
 
Sementara keterangan dari Kantor Meteorologi Inggris melaporkan fenomena itu terjadi karena Negeri Ratu Elizabeth tersebut mengalami suhu terpanas yang pernah tercatat pada awal November tahun ini. Saat daratan mendingin di malam hari, begitu juga dengan udara yang berada di dekat permukaan.
 
Semua itu menyebabkan udara tersebut mempertahankan kelembabannya dan membentuk kabut. Tiupan angin yang semilir tampaknya tidak cukup kuat untuk menyapu kabut, sehingga menyebabkan kabut pun menjadi tebal. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,