Sajikan Tarian Erotis, Tempat Karaoke Terancam Ditutup

Sajikan Tarian Erotis, Tempat Karaoke Terancam Ditutup

Bandung - Sebuah tempat karaoke di bilangan Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung yang ditengarai menyajikan tarian erotis (telanjang) bagi para pengunjung, hingga saat ini belum dicabut izin gangguan (HO)-nya.
 
"HO bisa saja dicabut apabila pihak Satpol PP sudah menyegel dan memberikan rekomendasi kepada kami," kata Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung Ema Sumarna. Namun, kasus tempat karaoke tersebut sudah ditangani pihak kepolisian.
 
"Polisi sudah memproses kasusnya dan pemkot minta mencabut izinnya. Namun, kami tidak bisa mencabut begitu saja, sebelum ada tindakan dari Satpol PP," katanya.
 
Menurutnya, BPPT hanya bisa mencabut HO sedangkan izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) kewenangannya ada di Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar). Saat ini, kepolisian sudah menemukan fakta dan data adanya pelanggaran serta memiliki barang bukti, berupa video.
 
Diakui, kalau laporan dan bukti dari kepolisian benar, artinya tempat karaoke di Jalan Soekarno-Hatta itu melanggar Perda No. 7/2012 tentang penyelenggaraan kepariwisataan dan perda No. 9/2012 tentang izin gangguan dan retribusi ijin gangguan.
 
"Berdasarkan data dan fakta tersebut, Satpol PP bisa saja menyegel dan memberi rekomendasi pencabutan ijin TDUP kepada Disbudpar, sekaligus mencabut ijin ganggun (HO) karena memang disalahgunakan," tegas Ema. Sejauh ini, katanya jajaran kepolisian dan warga sudah mendesak segera tempat karoke segera ditutup.
 
Kepala Disbudpar Kota Bandung Herlan JS menyatakan, TDUP tempat karoke itu sudah habis masa berlakunya per Oktober 2015. Namun kini sedang mengajukan perpanjangan. "Kami tak bisa membekukan TDUP sebelum ada rekomendasi dari penyidik pegawai negeri sipil," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Satpol Kota Edi Marwoto mengakui pihaknya belum menyegel tempat itu karena masih menunggu perintah Walikota. "Kata pa wali, cabut izin dulu dari BPPT dan Disbudpar baru segel, makanya kami belum menyegel," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,