Media Cina pun Ikut Meliput Deportasi 86 Penjahat Cyber

Media Cina pun Ikut Meliput Deportasi 86 Penjahat Cyber

Jakarta - Ke-86 WNA (warga negara Tiongkok) itu digeledah barangnya sebelum masuk ke ruang tunggu menanti keberangkatan mereka yang menggunakan pesawat carteran yang disediakan pemerintah Cina. Mereka diberangkatkan, Selasa (10/11/2015) pukul 03.00 WIB dinihari.
 
Deportasi 86 WNA yang dilakukan Direktorat Jenderal Imigrasitersebut tidak hanya diliput wartawan Indonesia, tetapi juga wartawan dari negeri Tirai Bambu. Salah seorang wartawan dari CCTV, yang merupakan salah satu media di Tiongkok,  Liangzhiwei (30) mengaku dirinya sengaja datang ke Indonesia khusus untuk meliput pendeportasian para pelaku cyber crime itu.

"Saya memang mendapat tugas dari kantor untuk meliput ini," kata Li di Kantor Detensi Imigrasi, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (9/11/2015).

Sekitar 10 media asal Tiongkok ikut berbaur bersama wartawan Indonesia meliput kegiatan pendeportasian, dan mendapatkan rilis kasus pelanggaran administrasi keimigrasian oleh pihak Ditjen Imigrasi dan Rudenim Kalideres.

Sebelum ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan bus Blue Bird, puluhan WNA tersebut menjalani pemeriksaan barang bawaan oleh polisi Tiongkok, yang memang sudah sebulan terakhir berada di Indonesia untuk mengawal dan menjemput warga negara mereka. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,