Menang Pemilu, Aung San Suu Kyi Minta Ketemu Presiden

Menang Pemilu, Aung San Suu Kyi Minta Ketemu Presiden

Naypyidaw -  Seusai partai yang dipimpinnya National League for Democracy (NLD) mendapat suara mayoritas dalam pemilihan umum lalu, tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi langsung meminta bertemu dengan presiden dan beberapa pemimpin militer.
 
Hal itu disampaikan Suu Kyi lewat surat resmi yang dikirimkan kepada presiden dan beberapa tokoh militer Myanmar. Dalam suratnya, Suu Kyi mengatakan, pertemuan harus dilakukan agar rekonsiliasi nasional bisa terwujud. "Ini sangat penting untuk harga diri bangsa dan perdamaian bangsa," tulisnya.
 
Dilansir Reuters, Rabu (11/11/2015) permintaan itu ternyata direspons positif oleh Presiden Myanmar Thein Sein. Menurut Pejabat Senior Myanmar Zaw Htay, orang nomor satu di negara yang dulunya bernama Burma itu siap bertemu dengan Suu Kyi. "Jadi kita tinggal tentukan kapan," sebut Zaw.
 
Sebelum pemilu, hubungan antara Suu Kyi dengan Kepala Angkatan Darat Myanmar Ming Aung sempat tegang, karena adanya konstitusi baru kontroversial yang diusulkan militer Myanmar. Angkatan bersenjata meminta agar Suu Kyi tidak dijadikan Presiden Myanmar, karena anak-anaknya merupakan warga negara asing.
 
Sebelumnya kepada BBC, Suu Kyi mengatakan partainya memenangkan mayoritas kursi di parlemen.
Sebuah hasil perhitungan awal di beberapa township atau daerah pemilihan menunjukkan, NLD mendapatkan suara mayoritas di parlemen meski hasil resmi belum keluar.
 
Suu Kyi pun memberi selamat kepada rakyat Myanmar, bahwa pemilihan kali ini adalah yang paling demokratis selama 25 tahun. "Saya yakin, NLD berhasil meraih suara mayoritas," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,