Sampai Segitu Uniknya Terasering Sawah di Tiongkok

Sampai Segitu Uniknya Terasering Sawah di Tiongkok

Indahnya terasering yang ada di kawasan Yuanyang, Tiongkok. (foto - istimewa)

Yuanyang - Hamparan persawahan di pedalaman Cina tepatnya di wilayah Pegunungan Ailao Yuanyang, sebelah barat daya Tiongkok itu, membuat siapapun yang memandangnya akan geleng-geleng kepala, alias takjub.
 
Dilansir Dailymail, baru-baru ini hamparan persawahan di Pegunungan Ailao, Yuanyang itu memang memiliki warna dan pola yang sangat indah. Terasering yang ada di sana pun sering disebut sebagai "Stairway to Heaven" atau tangga menuju surga. Ini karena undak-undaknya sangat tinggi hingga mencapai ketinggian 2.000 mdpl.
 
Memang, sekilas persawahan itu tampak seperti lukisan. Hamparan persawahan tersebut dimiliki suku Hani, yang memang sudah tinggal di pegunungan itu sejak 2.500 tahun lalu. Para pendahulu harus berusaha keras untuk bisa bertahan hidup di pegunungan. Akhirnya, mereka membuat lahan sawah yang hingga kini masih jadi mata pencaharian utama suku Hani.
 
Bahkan, Kaisar dari Dinasti Ming menjuluki seni ukir dari areal persawahan itu sebagai sesuatu yang berseni tinggi. Bahkan UNESCO telah menetapkan kawasan tersebut sebagai Situs Warisan Budaya dan Alam. Kawasan itu dilindungi oleh pemerintahan Tiongkok, karena setiap tahun berhasil memenuhi kebutuhan makanan ribuan orang.
 
Sementara pada musim dingin hingga musim semi, seluruh sawah akan terisi air. Warna yang terlihat akan kecoklat-coklatan. Lalu padi pun akan ditanam dan warnanya perlahan berubah menjadi hijau muda. Dari musim tanam hingga panen berlangsung dari bulan Maret hingga November. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait