Buruh Kota Cimahi Mogok Kerja Tuntut UMK Rp 3,6 Juta

Buruh Kota Cimahi Mogok Kerja Tuntut UMK Rp 3,6 Juta

Puluhan ribu buruh

Cimahi - Teriknya panas matahari tidak menyurutkan niat para buruh Kota Comahi untuk melakukan  longmarch  demi memperjuangkan UMK Cimahi 2016 sebesar Rp 3,6 juta. Mereka mogok kerja dan mendatangi kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi di Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (19/11/2015). 
 
Massa buruh bergerak dari titik kumpul PT Kahatex di Jalan Gempol Asri, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pukul 9.30 WIB. Mereka menelusuri kawasan industri Kota Cimahi, untuk mengajak buruh lainnya ikut bergabung dalam aksi tersebut.
 
"Semua buruh harus berjalan kaki sampai ke Pemkot Cimahi, tidak ada yang pulang di tengah jalan," kata pengurus Kasbi Kota Cimahi Siti Eni.
 
Aksi mogok kerja mereka selama tiga hari dimulai pada hari Kamis ini. Aksi dilakukan untuk menghentikan proses produksi dan mengepung Pemkot Cimahi, agar Walikota Cimahi mengabulkan tuntutan paraa buruh.
 
Tuntutan selain menolak Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, buruh juga mendesak Pemerintah Kota Cimahi merekomendasikan UMK Kota Cimahi sebesar Rp 3,6 juta. Dalam aksi tersebut, massa yang dikerahkan tidak kurang dari 11.500 orang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,