Demo KTT APEC, Warga Filipina Berdansa di Jalanan

Demo KTT APEC, Warga Filipina Berdansa di Jalanan

Manila - Di saat para pemimpin berbagai negara menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) APEC, ratusan masyarakat adat, mahasiswa dan kelompok buruh bentrok dengan polisi, yang mengerahkan meriam air. Massa berunjuk rasa di jalanan ibukota Filipina, Manila.
 
Dilansir BBC, Kamis (19/11/2015) massa membawa plakat berisi protes terhadap para anggota APEC. KTT ini juga dibayangi sengketa wilayah atas kegiatan Cina di Laut Cina Selatan. Para pemimpin menyerukan diperluasnya kerja sama anti-teror global, setelah terjadi teror di Paris.
 
Sementara rancangan deklarasi yang hasil akhirnya dirilis hari ini berisikan, Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik APEC para pemimpin negara di KTT mengecam keras semua tindakan teror. Serta menekankan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kerja sama dan solidaritas internasional dalam memerangi terorisme.
 
Para pengunjuk rasa berkumpul, Kamis pagi di area Manila Bay, tempat pertemuan APEC berlangsung.   Mereka menyerukan pembubaran APEC, menuduh blok perdagangan itu menyalahgunakan negara-negara miskin.
 
"APEC dan globalisasi imperialis hanya menguntungkan negara kaya, sambil terus memiskinkan negara berkembang seperti Filipina," kata pemimpin unjuk rasa, Renato Reyes.
 
Puluhan ribu tentara dan polisi pun akhirnya berjaga-jaga di sekitar kota, demi mengantisipasi gangguan dan kemungkinan serangan teroris. Mereka juga memainkan musik dansa keras untuk meredam suara-suara protes dari pengunjuk rasa. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,