Delay Hingga berjam-jam, Lion Air Dikenai Surat Peringatan

Delay Hingga berjam-jam, Lion Air Dikenai Surat Peringatan

Para penumpang Lion Air emosi karena delay hingga berjam-jam.

Jakarta - Delay hingga berjam-jam menyebabkan para penumpang pesawat Lion Air 898 rute Jakarta-Makassar di Bandara Soekarno-Hatta emosi dan mencegat pesawat Lion lain dengan rute yang sama yang hendak lepas landas.

"Betul, ada delay yang lama. Cukup panjang dari seharusnya take off pukul 05.00 WIB, tetapi baru pukul 11.00 WIB. Itu yang menyebabkan penumpang emosi," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan, Hadi M Djuardi, Minggu (22/11).

Hasil penyelidikan awal, delay disebabkan pihak Lion Air meminta ganti pesawat dari 737-190 kepada airbus A330-350. "Tetapi pengajuan baru dilakukan pukul 08.00 WIB, sedangkan jadwal penerbangan seharusnya jam 5 berangkat," katanya.

Menurut Hadi, pesawat airbus yang diminta ganti pun merupakan pesawat baru yang belum pernah dioperasikan. "Untuk sebuah pesawat baru diperlukan flight approval, selain itu harus dilampiri sejumlah syarat, termasuk sertifikat kelayakan terbang. Sekitar pukul 09.00 WIB, barulah flight approval keluar," terangnya.

Diduga, manajemen Lion Air tidak ada koordinasi dengan bagian penjualan tiket yang akhirnya penjualan tiket melebihi dari kapasitas seat. Pihaknya mengaku sudah mengirim surat peringatan pertama kepada Lion Air. Dia juga berjanji akan segera memanggil pihak Lion Air.

"Tidak punya perencanaan yang baik. Harusnya tidak perlu ganti pesawat. Sanksi, kita sudah tulis surat peringatan pertama. Akan kami panggil Lion Air. Kalau dugaan betul, akan larang buka rute baru," katanya. Akibat delay penumpang sangat emosi. "Sampai ke runway menghadang pesawat Lion Air lain yang akan terbang," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,