AS Bombardir Ratusan Truk ISIS lewat Serangan Udara

AS Bombardir Ratusan Truk ISIS lewat Serangan Udara

Pentagon - Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah memborbardir lebih dari 238 truk bahan bakar milik  Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), lewat serangan udara. Truk-truk minyak tersebut dikendalikan oleh ISIS di Suriah Timur. 
 
Dilaporkan BBC, Selasa (24/11/2015) otoritas militer AS mengatakan pilot pesawat tempur AS menemukan ratusan truk itu tengah diparkir, untuk menunggu muatan dari tambang minyak dekat al-Hasakah dan Dayr Az Zawr.
 
Menurut Departemen Pertahanan AS, pihaknya segera merilis video penghancuran truk bahan bakar yang sudah berlangsung selama sepekan itu. Pekan lalu, sebanyak 116 truk lainnya sudah hancur dalam serangan udara sebelumnya.
 
"Misi ini dilakukan dengan berbagai cara. Kami memberikan peringatan agar para pengemudi truk keluar dari kendaraan sebelum misi dijalankan," kata juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis. Ia menegaskan, tidak ada korban jiwa sipil dalam serangan tersebut.

Serangan truk minyak merupakan bagian dari Operasi Tidal Wave II, sebuah taktik dalam usaha yang dilakukan oleh pasukan koalisi. AS memimpin kampanye serangan udara di Suriah dan Irak sejak tahun 2014 untuk melawan ISIS, yang menduduki banyak daerah kedua negara tersebut khususnya lokasi tambang minyak. 
 
ISIS memanfaatkan penjajahan itu untuk menghasilkan pemasukan bagi mereka. AS dan Koalisi Internasional yang dipimpinnya meningkatkan serangan udara pada kelompok ISIS di Suriah, setelah terjadi serangan Paris yang menewaskan 129 orang. ISIS juga dilaporkan terus menebarkan ancaman teror di berbagai negara. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,