Marium Mukhtiar, Pilot Jet Tempur Pakistan Tewas

Marium Mukhtiar, Pilot Jet Tempur Pakistan Tewas

Marium Mukhtiar, seorang perempuan yang jadi pilot jet tempur Pakistan. (foto - ist)

Punjab -  Marium Mukhtiar, perempuan Pakistan yang menjadi pilot jet tempur tewas, setelah pesawatnya mengalami kecelakaan di Provinsi Punjab. 
 
Dikutip dari ibtimes, Selasa (24/11/2015) menurut penjelasan pihak militer, pilot berusia 22 tahun itu tengah melakukan latihan rutin, ketika pesawat Pakistan Air Force (PAF) FT-7PG yang ia kemudikan mengalami situasi darurat di luar wilayah  Mianwali, sebelah barat laut provinsi Punjab. 
 
Meski Marium dan co-pilotnya bisa melontarkan diri, ia akhirnya tewas di rumah sakit. Marium Mukhtiar termasuk satu dari sangat sedikit perempuan yang bekerja sebagai pilot jet tempur di Pakistan. Ia adalah perempuan pertama yang tewas saat bertugas.
 
"Kedua pilot berusaha mengatasi situasi darurat dengan profesional dan keberanian, mereka berusaha menyelamatkan pesawat hingga detik terakhir. Keduanya juga mengutamakan keselamatan pesawat dan penduduk sipil di daratan," kata PAF dalam sebuah pernyataannya.

Lewat sebuah pernyataan di Facebook, Gubernur Punjab Mian Muhammad Shehbaz Sharif menulis, "Gadis kebanggaan kami, Marium Muhktiar, seorang contoh bagi seluruh perempuan, telah syahid dalam kecelakaan pesawat. 
 
Marium adalah sebuah simbol bagi pemberdayaan perempuan, karena ia adalah pilot perempuan pertama yang menerbangkan jet tempur milik Pasukan Udara Pakistan. Semoga Allah SWT memberinya tempat tertinggi di surga, dan kesabaran untuk keluarganya. Ia akan selalu diingat dengan keberaniannya, dedikasinya, dan kebaikannya untuk melindungi negeri tercinta ini."

Kepada BBC, Marium pun pernah berkata,  keputusannya menjadi pilot adalah karena ingin keluar dari kungkungan tradisional Pakistan. Di mana menjadi penerbang biasanya posisi yang lebih sering dikerjakan oleh laki-laki. Ia mengaku selalu ingin melakukan sesuatu yang berbeda. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,