Emil Lobi Rizal Ramli Muluskan Tol Dalam Kota Bandung

Emil Lobi Rizal Ramli Muluskan Tol Dalam Kota Bandung

Jakarta - Tersendatnya pembangunan tol dalam kota Bandung sepanjang 20 kilometer (km) dari Pasteur ke Cileunyi, dibahas Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli di Gedung BPPT Kemenko Maritim Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Menurut Emil, selama ini pembangunan jalan tol tersebut masih terkendala masalah pembebasan lahan. Pasalnya, dari 20 km panjang tol yang direncanakan, hanya lima KM yang siap dibangun. Sementara sisanya masih dimiliki oleh 18 kementerian dan lembaga (k/l).

"Kami dari Pemerintah Jawa Barat dan Bandung mohon bantuan. Ada 18 kementerian dan lembaga yang memiliki tanah, sehingga dibutuhkan menteri selevel koordinator," katanya.
 
Sementara itu, Menko Rizal menyatakan, dirinya akan meminta secara langsung kepada kementerian dan lembaga yang memiliki lahan itu, untuk diserahkan sebagai pembangunan jalan tol. Tujuannya agar pembangunan yang tertunda selama dua tahun ini bisa dimulai pada Januari 2016.

Meski begitu, jika kementerian dan lembaga itu tidak mau memberikan lahannya secara cuma-cuma, maka harus disiapkan dana pengambilalihan lahan. Bisa menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau dari anggaran pemerintah daerah.

"Ada Undang-Undang-nya itu bisa diambil negara tanpa harus diganti. Kalau harus diganti itu harus dipikirkan dananya dari mana, bisa APBN, pemerintah daerah, bisa juga tukar guling atau dikasih saham kalau itu BUMN," tegas Rizal. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,