Pengguna Google Maps Bisa Terlayani Tanpa Internet

Pengguna Google Maps Bisa Terlayani Tanpa Internet

Google Maps Offline Kini Bisa Dinikmati Pengguna di Indonesia.

Bandung - Mulai saat ini pengguna Google di Indonesia dapat menikmati layanan fitur Maps secara offline,alias tanpa perlu adanya jaringan internet. Fitur Offline ini memungkinkan pengguna dapat mengunduh sebuah area wilayah di ponsel, sehingga saat koneksi sedang tidak stabil atau hilang, maka Google Maps akan tetap bekerja.

Fitur itu akan bekerja jika pengguna telah menyimpan sebuah area yang bisa diakses ketika tidak terdapat jaringan. Dengan demikian, pengguna dapat mencari destinasi untuk menemukan informasi, seperti jam operasional, nomor telepon, hingga rating tanpa mengkhawatirkan lagi soal koneksi internet.

"Lewat peluncuran fitur Offline di Google Maps, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini agar masyarakat Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok ke jalan yang salah," kata Product Manager Google Maps, Nikhil Vaishnavi, dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, pengembangan fitur Offline ini telah menunjukkan inovasi Google Maps secara offline pada acara konferensi tahunan Google I/O Mei 2015. Kehadirannya untuk di Tanah Air akan diluncurkan secara bertahap bagi pengguna Google Maps versi terbaru di ponsel berbasis Android dan iOS dalam waktu dekat.

"Kami akan meluncurkan lebih banyak lagi fitur Offline untuk membantu Anda menemukan arah, bahkan saat Anda tak bisa menemukan koneksi Internet. Sebab kehilangan sinyal, bukan berarti harus kehilangan arah," sebutnya.

Mengenai cara menikmati layanan fitur Offline dari Google Maps, misalnya berencana ke suatu tempat di Jakarta, maka sebelumnya diharuskan mengunduh terlebih dahulu di ponsel untuk navigasi. Lalu ketik area Jakarta di Google Maps, ketuk nama wilayah di kotak putih paling bawah, kemudian pilih unduh.

Cara lainnya, pilih unduh area offline di menu utama Google Maps, lalu masuk ke pilihan 'area offline' dan tekan tanda '+' berwarna biru di pojok kanan bawah.  

Setelah mengunduh peta yang pengguna pilih, Google Maps akan bekerja tanpa koneksi Internet. Ketika ponsel Anda kembali terhubung dengan internet, Google Maps akan kembali beralih pada fungsi online yang memberikan fungsi lengkap, seperti informasi kemacetan real-time di rute yang pengguna lalui. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,