Dua Desa Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Bromo

Dua Desa Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Bromo

Gunung Bromo di Jawa Timur kembali semburkan abu vulkanik. (foto - ist)

Probolinggo - Meski masih berstatus waspada, aktivitas Gunung Bromo di Jawa Timur cebderung meningkat. Dalam tiga hari terakhir, gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl tersebut kembali menyemburkan abu vulkanik.
 
Abu vulkanik yang bercampur asap putih pekat itu menyembur sekitar 150 meter dari bibir kawah dan terbawa arah angin. Abu tipis menerjang dua desa di sekitar Gunung Bromo, yakni Desa Ngadisari dan Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura.
 
Semburan abu vulkanik yang mengandung silica itu terjadi pada saat malam hari. Abu yang berbahaya bagi mata dan pernapasan jatuh di permukiman dan lahan pertanian warga. Atap rumah warga pun terlihat berwarna coklat kehitaman.
 
Pantauan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, abu vulkanik keluar dari mulut kawah sejak tiga hari terakhir ini. Semburan abu vulkanik tersebut menyebar pada radius antara 3-4 kilometer, yang mengarah ke timur laut atau arah Kota Probolinggo.
 
Menurut Kepala PVBMG Gunung Bromo Ahmad Subhan, semburan abu vulkanik rata-rata terjadi pada malam hari. Abu yang bercampur asap beraroma belerang itu jatuh ke pemukiman warga hingga menyisakan debu. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,