21 Warga Sukamakmur Bogor Keracunan Air Pegunungan

21 Warga Sukamakmur Bogor Keracunan Air Pegunungan

Warga Sukamakmur, Kabupaten Bogor keracunan setelah meminum air dari mata air pegunungan. (foto - ist)

Bogor - Sebanyak 21 orang warga Kampung Pancuran RT 01 RW 07 Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami keracunan, setelah mengonsumsi air pegunungan Jareged Petapaan yang sedang dalam perbaikan.
 
Warga memang memanfaatkan air dari Pegunungan Jareged tersebut,  untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi dan mencuci.
 
Menurut Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, peristiwa itu terjadi pada Jumat kemarin sekitar pukul 18.00 WIB. Warga memang memanfaatkan air pegunungan itu untuk keperluan sehari-hari dengan cara menampung dalam bak. Namun warga tidak mengetahui, ada perbaikan di aliran air tersebut.
 
"Mereka diduga tidak mengetahui ada perbaikan pada sumber air tersebut. Oleh karena itu warga seperti biasanya menampung air dan membawa pulang untuk masak, minum dan mandi," katanya, Sabtu (28/11/2015).
 
Disebutkan Ita, diduga adanya perbaikan tersebut, air yang di konsumsi warga pun tercemar bahan bangunan dan akhirnya warga menderita keracunan. "Ya, sedikitnya ada 21 warga yang keracunan, kemudian sudah dibawa ke Puskesmas Kecamatan Sukamakmur untuk mendapat pertolongan secara medis," katanya.
 
Sejauh saat ini, pihak Kepolisian Polres Bogor masih menelusuri sumber air yang digunakan warga yang membuat mereka keracunan. Hingga Sabtu siang, masih ada empat korban yang dirawat di Puskesmas, sedangkan 17 korban lainnya sudah diperbolehkan petugas Puskesmas untuk kembali ke rumah masing-masing.
 
"Sebagian korban sudah diperbolehkan pulang dari Puskesmas. Kami juga masih akan melakukan penelusuran sumber air tersebut, yang membuat puluhan warga mengalami keracunan," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,