Bus TransJakarta Itu Menerobos Perlintasan KRL Kedoya

Bus TransJakarta Itu Menerobos Perlintasan KRL Kedoya

Bagian depan bus TransJakarta rute Lebak Bulus - Harmoni Sentral rusak parah. (foto - TMC Polda Metro)

Jakarta - Bus TransJakarta rute Lebak Bulus - Harmoni Sentral bernomor polisi B 7559 TGA, diduga menerobos perlintasan kereta api Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Berdasarkan informasi dari masinis kereta api 2173, bus TransJakarta gandeng itu menabrak kereta, yang tengah melintas dari Tangerang menuju ke Stasiun Duri.
 
"Info awal, pada pukul 14.35 WIB masinis menginfokan bus TransJakarta menabrak kereta api," kata Asisten Manajer Komunikasi PT KRL Commuter Line Jakarta (KCJ) Adli Hakim, Sabtu (28/11/2015).

Menurut Adli, evakuasi bus TransJakarta mulai dilakukan pada pukul 14.52 WIB. Dalam kejadian itu tidak ada satu pun korban luka atau korban jiwa di kereta api yang melintas. Namun tidak demikian halnya yang terjadi di bus TransJakarta. "Untuk KRL tidak ada korban jiwa, untuk di busway (TransJakarta) tidak bisa kami pastikan," kata Adli.

Sebelumnya, Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta Antonius Kosasih mengatakan, operator bus yang tertabrak adalah Perum Damri. Ia pun belum bisa memastikan keberadaan korban luka atau korban jiwa di bus TransJakarta nahas. 
 
Namun sekitar pukul 17.30 WIB Antonius Kosasih menyambangi lokasi kecelakaan. Ia mengaku kecewa atas kejadian ini. Sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama operator bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan yaitu Perum Damri, di kenakan denda Rp 100 juta.
 
Ia menambahkan, kecelakaan terjadi karena operator dinilainya lalai. Sebab, dari hasil investigasi internal, diduga sopir sedang memainkan telepon genggam ketika kecelakaan terjadi. "Operator anggap enteng. Bahwa pengawasan sopirnya agak kendor karena boleh bawa handphone," katanya.
 
Ia pun memastikan, operator yang bertanggung jawab mengoperasikan bus rute itu Damri. Karena ada nomor kode operator di bus itu, yaitu DMR-5078. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,