Pengidap HIV/AIDS di Kota Bandung Capai 3.000 Orang

Pengidap HIV/AIDS di Kota Bandung Capai 3.000 Orang

Peringati hari HIV/AIDS cegah penularannya. (foto - ist)

Bandung -  Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Bandung belakangan ini meningkat cukup signifikan. Bahkan, kini tercatat lebih dari 3.000 orang positif AIDS. "Secara keseluruhan, peningkatan terjadi pada penderita kaum wanita dan ibu rumah tangga," kata Humas Rumah Cemara, Rizki Kurniawan.

Menurutnya, komposisi atau perbandingan antara pria dan wanita penderita AIDS adalah 70 untuk pria dan 30 wanita. Namunsekarang jumlahnya hampir sama yaitu 50:50. Faktor penyebab meluasnya penderita AIDS adalah seks bebas. Bukan perilaku wanita yang menyebabkan dirinya tertular, namun sang pasangan yang kerapkali melakukan aktivitas yang berisiko.
 
"Kini trennya bukan karena jarum suntik tapi perilaku berisiko seperti heteroseksual. Gaya hidup bergonta-ganti pasangan atau tingkah suami yang sering jajan (berhubungan dengan PSK), membuat sang suami positif dan ditularkan kepada istri dan beberapa kasus menghasilkan anak," katanya.

Lewat gaya hidup yang tidak sehat, katanya  kepedulian masyarakat Indonesia masih sangat minim terhadap bahaya penyakit menular tersebut. "Kepeduliannya masih sedikit terutama untuk sukarelawan melakukan tes HIV. Akhirnya korbannya orang-orang yang disayang yang tidak berdosa," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,