Komedian Mandra Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Komedian Mandra Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Mandra dituntut pidana penjara selama 1,5 tahun dan denda Rp 100 juta subsidair 6 bulan kurungan. (foto - ist)

Jakarta - Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Agung menuntut Direktur Utama PT Viandra Production yang juga seorang komedian, Mandra Naih alias Mandra, dituntut pidana penjara selama 1,5 tahun dan denda Rp 100 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Mandra dinilai telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan program tayangan siap siar LPP TVRl, yang menggunakan APBD tahun 2012. "Menuntut agar Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk memutuskan, menyatakan terdakwa Mandra terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Jaksa Arya Wicaksono, saat membacakan surat tuntutan Mandra di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Jaksa menyebutkan, Mandra telah memenuhi unsur-unsur dalam dakwaan kedua, yakni melanggar Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pada dakwaannya, Mandra dinilai telah memperkaya diri sendiri sebesar Rp 1,4 miliar atas perbuatannya. Namun Jaksa tidak menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti pada Mandra. "Tidak ada tambahan kekayaan terdakwa dari tindak pidana korupsi. Berdasarkan keterangan ahli, objek dan ruang lingkup kerugian negara adalah program siap siar. Adapun uang yang telah diterima terdakwa Rp 1,4 miliar bukan uang objek dan ruang lingkup dari penghitungan kerugian negara, sehingga dalam hal ini terdakwa tidak dibebankan untuk membayar uang pengganti," tkata Jaksa. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,