Inggris dan Skotlandia Lumpuh Akibat Badai Desmond

Inggris dan Skotlandia Lumpuh Akibat Badai Desmond

Badai Desmond menyebabkan sebagian Inggris dan Skotlandia dilanda banjir hebat. (foto - ist)

Cumbria - Rumah-rumah dan jalanan di utara Inggris dan Skotlandia  terendam banjir, akibat terjangan Badai Desmond pada Sabtu waktu setempat yang mencurahkan guyuran hujan terus menerus.
 
Akibatnya lebih dari 180 keluarga di Cumbria terpaksa mengungsi ke tempat lebih tinggi, akibat Sungai Eden meluap dan banyak rumah terendam. Salah satu desa bahkan terisolasi ketika air sungai mendatangkan banjir bah, membuat jembatan yang menghubungi desa itu dengan desa lain hanyut. 
 
Warga pun mengungsi ke sebuah penginapan Coledale Inn yang tak terendam air. "Hujan deras dan banjir bah tenggelamkan desa, dan jembatan utama hilang," kata Geoff Mawdsley, pemilik penginapan yang menjadi tempat penampungan pengungsi.
 
Dilansir The Guardianhujan tak henti-hentinya di Skotlandia, utara Inggris serta sebagian Wales. Menurut prakiraan cuaca, hujan Badai Desmond belum akan segera berhenti. Pemadam kebakaran dan tim penyelamat Cumbria, tak menyangka sungai meluap begitu cepat dan merendam kota itu.
 
Sementara itu, di Kota Lanchasire lebih dari 300 panggilan darurat meminta tolong evakuasi. Sejauh ini satu korban berusia 90 tahun ditemukan tewas di stasiun kereta api. Korban diperkirakan jatuh terkena tiupan angin lalu tersambar bis yang sedang melaju. 
 
Prakiraan cuaca mengatakan, Badai Desmonds tidak akan berlalu hingga beberapa hari ke depan. Curah hujan bakal mencapai 100 mm di kota-kota dan di pegunungan bisa mencapai 200 mm. Pengendara motor diharapkan untuk tetap tinggal di rumah, menghindari dari tiupan angin kencang yang berpotensi membawa benda-benda.
 
"Hujan deras yang terus menerus akan terjadi sepanjang sabtu dan minggu. Wilayah Cumbria dan Northumberland diperkirakan akan terkena banjir," kata Simon WIlliams,  juru bicara Prakiraan Cuaca Inggris.(Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,