KPU Tentukan Lima Daerah Tidak Ikut Pilkada Serentak

KPU Tentukan Lima Daerah Tidak Ikut Pilkada Serentak

KPU Tentukan lima daerah belum bisa ikut Pilkada serentak. (foto - ist)

Jakarta - KPU akan menunda pelaksanaan pilkada di lima daerah, terdiri atas Kalimantan Tengah, Fakfak di Papua Barat, Pematangsiantar dan Simalungun di Sumatera Utara, dan Manado di Sulawesi Utara.
 
"Kalteng dan Fakfak akan kami tunda dan ajukan kasasi. Pematangsiantar, Simalungun, dan Manado juga akan kami tunda, dan minta putusan akhirnya segera," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nafis Gumay Hadar di kantor KPU Jakarta, Selasa (8/12/2015).
 
Menurutnya, pihaknya akan berusaha tetap bisa melaksanakan pilkada tetap di tahun 2015. Agar penundaan pilkada tidak terlalu lama, KPU akan meminta Mahkamah Agung memprioritaskan kasasi yang akan diajukan KPU.
 
Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara mengabulkan gugatan calon kepala daerah untuk Kalimantan Tengah dan Fakfak. Dua pasangan calon itu dapat mengikuti pilkada. PTTUN Jakarta menerbitkan putusan sela pada tiga daerah lain atas pembatalan pencalonan kepala daerah.
 
Sementara itu, KPU juga berencana mengajukan kasasi atas putusan PTTUN Jakarta, yang mengabulkan gugatan para calon kepala daerah untuk Kalimantan Tengah dan Fakfak. "Kami akan lakukan kasasi. Sesegera mungkin. Kami akan minta ke Mahkamah Agung (MA) agar bisa diprioritaskan di 2015 (putusan kasasi atas PTTUN)," katanya.
 
Dalam proses peradilan di PTTUN, lanjutnya KPU menanyakan bagaimana melaksanakan putusan PTTUN. Lalu PTTUN mengatakan pada intinya membolehkan KPU untuk mengajukan kasasi. Karena KPU akan mengajukan kasasi, penundaan pilkada harus menunggu hingga ada putusan akhir. Begitu pun dengan logistik surat suara, baru akan diproses setelah putusan kasasi. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:,