Ribuan Warga Berikrar Perang Lawan Korupsi di Alun-alun

Ribuan Warga Berikrar Perang Lawan Korupsi di Alun-alun

20 ribu kain perca terbentang pada peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2015 di Alun-alun Bandung, Kamis (10/12/2015). (foto - ist)

Bandung - Ribuan orang mulai dari balita hingga usia lanjut ngumpul di Alun-alun Bandung, untuk berikrar memerangi korupsi.  Aksi perang melawan korupsi ditandai dengan pembentangan 20 ribu kain perca sebagai tanda ikrar pada peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2015, Kamis (10/12/2015).
 
Aksi itu merupakan bagian dari puncak pe‎ringatan Festival Antikorupsi 2015 pada 10-11 Desember 2015 bertema "Berbagi Peran Membangun Negeri, Berbagi Peran Berantas Korupsi" yang terselenggara atas kerja sama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pemkot Bandung.
 
Ikrar ditandai dengan cap telapak tangan yang merupakan simbol komitmen diri, dalam menegakkan mental dan menjaga keluarga dari perilaku tidak baik. Aksi cap tangan pada sehelai kain perca itu  dimulai sejak Maret 2015 di 22 kota di Indonesia. Kini telah terkumpul lebih dari 20 ribu kain.
 
Menurut  Aryani  Murcahyani, yang merupakan penggagas kain perca, aksi komitmen tersebut berawal dari adanya keprihatinan sekelompok perempuan atas banyaknya masalah yang timbul karena berbagai perilaku. Salah satunya adalah korupsi.
 
Kain perca yang telah berisi ikrar diri itu dijalin dengan kain perca lainnya dan menjadi simbol tekad bersama, dalam mencegah korupsi yang dikampanyekan lewat penanaman 9+1 nilai integritas. Yakni jujur, peduli, mandiri, disiplin, kerja keras, sederhana, tanggung jawab, berani, adil dan sabar.
 
"Semoga gerakan ini menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk meneruskan gerakan antikorupsi, agar tidak berhenti pada hanya sebatas selebrasi," kata Aryani.
 
Ia menyatakan, kain perca akan menjadi sejarah karena semua warga negara Indonesia mulai dari usia dini, pelajar, pedagang, pengusaha hingga pejabat larut dalam membubuhkan cap tangan. "Ahok, Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ahmad Heryawan sudah membubuhkan telapak tangannya, " tambahnya.(Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,