Bandara Abdurachman Saleh Tertutup Abu Vulkanik Bromo

Bandara Abdurachman Saleh Tertutup Abu Vulkanik Bromo

Bandara Sbdurachman Saleh ditutup untuk sementara. (foto - ist)

Malang - Tebaran abu vulkanik Gunung Bromo mulai melanda beberapa wilayah di sekitar kawasan bandara. Akibatnya, Bandara Abdurachman Saleh Malang, Jawa Timur ditutup untuk penerbangan.

Menurut Kepala UPT Bandara Abdurachman Saleh Malang, Suharno bandara ditutup sejak pukul 11.30 WIB sampai Sabtu (12/12/2015) pukul 09.30 WIB. "Langit di atas bandara sangat gelap. Ada partikel debu yang menutup," katanya.

Secara keseluruhan, ada delapan  penerbangan yang terjadwal mendarat di Bandara Abdurachman Saleh, tapi hanya dua penerbangan yang berhasil mendarat pada Jumat pagi. Sedangkan sisanya dialihkan melalui Bandara Juanda Surabaya.
 
Ia mengatakan, debu vulkanik Bromo sebenarnya sudah muncul sejak status gunung itu ditetapkan menjadi Siaga Level III pada 4 Desember lalu. Namun, saat itu situasi dirasakan belum mengganggu penerbangan.  "Sabtu ini kita lihat situasi lagi. Kalau tetap tak memungkinkan ya penutupan bandara diperpanjang," tegas Suharno.

Sementara itu, UPT Bandara Abdurachman Saleh terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga dengan tim Badan SAR Jawa Timur. Kementerian Perhubungan juga akan memberikan pemberitahuan jika situasi tak memungkinkan. "Seluruh operator penerbangan memahami situasi ini dan sudah mengetahui informasi ini," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,