Meleleh, Suhu Gunung Tertinggi di Dunia Itu Menghangat

Meleleh, Suhu Gunung Tertinggi di Dunia Itu Menghangat

Es di permukaan puncak Mount Eeverest meleleh. (foto - ist)

Lhasa - Suhu di Gunung Qomolongma atau disebut Chomolungma, yang juga dikenal dengan nama Gunung Everest, dilaporkan bertambah hangat dalam kurun 50 tahun belakangan ini. Gletser di daerah Gunung Qomolongma tersebut telah menyusut dalam jumlah sangat besar, yang mengakibatkan volume air dari gletser ke danau dan hilir sungai terus meningkat.
 
Sebagaimana dilansir Xinhua, baru-baru ini laporan tersebut disiarkan bersama oleh Chinese Academy of Sciences, Hunnan University of Science and Technology dan Mount Qomolongma Snow Leopard Conservation Center.

Sementara itu, pada waktu yang sama lingkungan ekologi di daerah itu bertambah baik, yakni dengan meningkatnya kawasan hutan. Gunung Qomolongma, yang memiliki ketinggian 8.844 meter di atas permukaan laut dan berada di perbatasan Cina, Tibet dan Nepal merupakan puncak tertinggi di dunia.
 
Ketinggian itu yang menarik para pendaki untuk beradu gengsi menjadi penakluk puncak tertinggi. Namun, siapa yang menduga, jika dihitung dari akar hingga ke puncaknya, ternyata Puncak Everest bukan gunung tertinggi di dunia. 
 
Gunung tertinggi di dunia adalah Mauna Kea di Hawai, Amerika Serikat. Jika diperhatikan Mauna Kea memang terlihat lebih rendah dibandingkan dengan Everest. Tinggi Mauna Kea hanya 4.205 meter dari atas permukaan laut, atau hampir setengah dari tinggi Everest.
 
Namun, ternyata kaki gunung Mauna Kea tidak benar-benar berada di atas permukaan air laut. Ya, total tinggi gunung Mauna Kea yang sebenarnya mencapai sekitar 10.200 meter, karena kaki dari Mauna Kea berada di bawah permukaan air laut. Jadi, sekitar 6.000 meter bagian tubuh Mauna Kea ada di dalam laut.
 
Hal itulah yang menyebabkan Mauna Kea tidak terlalu mendapat perhatian sebagai gunung tertinggi di dunia. Sebab sudah menjadi standar umum, penghitungan tinggi sebuah objek adalah menggunakan satuan mdpl, atau jumlah meter di atas permukaan laut. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,