Bangunan Eks Toko Merlin Ambruk Tewaskan Satu Pekerja

Bangunan Eks Toko Merlin Ambruk Tewaskan Satu Pekerja

Bangunan eks toko Merlin di Jalan Dalem Kaum ambruk menimpa tiga orang pekerja, Rabu (16/12). (foto - tribunnews)

Bandung - Karena memang berada di pusat pertokoan di tengah kota, ambruknya rangka bangunan berlantai dua yang belakangan diketahui gedung eks toko Merlin di Jalan Dalem Kaum, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol Kota Bandung, Rabu (16/12) pagi menjadi tontotan warga yang melintasi kawasan itu. 
 
Bangunan yang ambruk itu dipasangi garis polisi. Tiga pekerja bangunan tertimpa reruntuhan bangunan. Dua orang pekerja bernama Jumadi dan Tedi selamat dan berhasil keluar dari puing reruntuhan, karena hanya mengalami luka-luka. Korban diboyong ke RS Sartika Asih.
 
Namun nahas menimpa seorang pria yang belakangan diketahui bernama Aep. Kejadian itu terjadi sekitar 03.30 WIB, saat Aep bersama dua rekan lainnya tengah terlelap tidur di dalam rangka bangunan tersebut. 
 
Ketiga pekerja itu sebagai pekerja proyek di bangunan itu. Proses evakuasi berlangsung cukup alot karena petugas penyelamat dari DPPK Kota Bandung dan  Basarnas Kantor SAR Bandung juga terancam kembali ambruknya sisa-sisa bangunan.
 
Posisi tubuh Aep berada di tengah bangunan dengan kedalaman sekitar enam meter. Sedangkan petugas harus melangkah sekitar 20 meter menuju lokasi tertimpanya Aep. Petugas pun harus melewati reruntuhan dan yang kondisinya banyak batu dan besi beton.
 
Sementara itu, pihak kepolisian terus menyelidiki penyebab runtuhnya gedung eks toko Merlin itu yang tengah direnovasi. "Bangunan ini sudah lama," kata Kapolsek Regol Kompol Sumi. Gedung eks toko Merlin berada di belakang Mall Kings yang pada 2014 lalu terbakar. 
 
Saat itu, sebagian toko itu juga dilumat api saat insiden kebakaran waktu itu. Sejak itulah toko Merlin tidak beroperasi. "Bangunannya memang sudah rapuh," tegas Sumi. Sedangkan bangunan lama dua lantai yang roboh berada di bagian kanan menempel ke dinding toko sebelahnya. Bagian kiri lahan kosong, karena sebelumnya sudah digali sedalam sekitar enam meter untuk persiapan renovasi.

Selain konstruksi yang sudah tua, polisi menduga juga galian di area proyek tersebut menjadi penyebab ambruknya fondasi bangunan. Selama ini pemilik bangunan tidak mengabari berkaitan proses renovasi. "Enggak ada koordinasi. Sepertinya ini mau dibangun toko, karena zona di kawasan ini pertokoan," katanya.(Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,