Ojek Online Bukti Pemerintah Gagal Sediakan Angkutan Layak

Ojek Online Bukti Pemerintah Gagal Sediakan Angkutan Layak

Potret angkutan umum yang tidak layak. (fofo - ilustrasi)

Jakarta - Bermunculannya sarana transportasi yang menggunakan daring (online) seperti Gojek, Blujek dsb), dampak atau bentuk kegagalan pemerintah dalam menyediakan angkutan umum yang layak dan terjangkau.
 
"Tumbuh suburnya sepeda motor dalam ojek online merupakan bentuk kegagalan pemerintah, dalam menyediakan transportasi yang baik bagi masyarakat," kata Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/12/2015).
 
Menurutnya, Kemenhub sendiri tidak bisa sertamerta melarang keberadaan ojek online jika belum mampu menyediakan akses angkutan umum yang baik. "Angkutan umum yang ada tidak aman, dan selamat juga tidak, seperti Metromini dan lainnya. Apalagi kalau di Jakarta yang terpenjara akan kemacetan. Jadi, tidak bisa melarang begitu saja," katanya.
 
Meski begitu, Tulus mengakui adanya sepeda motor yang mewabah telah mematikan angkutan umum secara resmi. Secara regulasi, langkah Kemenhub melarang sudah benar. "Namun, selama pemerintah belum menyediakan akses transportasi yang baik, ya ojek tidak bisa dilarang," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,