Pesawat Latih T-50i Jatuh Penerbangan Sipil Tertunda

Pesawat Latih T-50i Jatuh Penerbangan Sipil Tertunda

Pesawat T-50i Golden Eagle milik TNI AU yang jatuh di Yogyakarta. (foto - ist)

Yogyakarta - Pesawat T-50i Golden Eagle milik TNI AU yang tengah melakukan akrobatik jatuh di ujung Gedung Wiratama IV Mako Akademi TNI AU, Lanud Adisutjipto Yogyakarta sekitar pukul 09.55 WIB.
 
Pesawat latih dengan pilot Letkol Pnb Marda (Danskadron Udara 15) dan ko-pilot Kapten Pnb Dwi Cahyadi, sebelum jatuh ekor pesawat menabrak gedung Wiratama, sehingga ekor tertancap dan badan pesawat pun hancur dan terbakar.
 
"Pesawat patah-patah dan terlihat hitam seperti terbakar," kata saksi mata warga Bantul, Minggu (20/12/2015). Bangkai pesawat pun sudah tidak lagi terlihat karena ditutup dengan terpal oleh petugas TNI AU. Lokasi tempat pesawat jatuh juga dilakukan penjagaan ketat.
 
Sementara itu jenazah pilot Letkol Pnb Marda (Danskadron Udara 15, Lanud Iswahyudi, Madiun) dan ko-pilot Kapten Pnb Dwi Cahyadi sudah berada di RSP TNI AU Hardjolukito, dan penjagaan ketat dilakukan oleh petugas TNI AU baik yang menggunakan pakaian dinas atau pakaian sipil.
 
Terkait dengan jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle, GM Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu mengatakan, meski terjadi musibah jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle dipastikan, penerbangan sipil tetap berjalan normal. "Penerbangan sipil tetap berjalan sesuai jadwal," katanya.
 
Menurutnya, meski tak mengganggu penerbangan sipil karena lokasi jatuhnya pesawat jauh dari runway, insiden itu tetap membuat sejumlah penerbangan mengalami delay beberapa saat. "Memang ada delay pada jam itu, tapi tidak lama dan calon penumpang memakluminya."

Sementara itu, acara Gebyar Dirgantara Hari Ulang Tahun Sekolah TNI AU ke-70 langsung dihentikan. Para calon penonton yang datang berduyun-duyun ingin melihat atraksi pesawat dan ingin tahu pesawat jatuh pun, dilarang masuk ke area bandara.
 
Sebelumnya, Komandan Lapangan Udara Adisucipto, Marskal Pertama Imran Baidirus mengklaim, pesawat T-50i yang jatuh dalam atraksi Jogja Air Show dalam kondisi layak terbang. "Kondisi pesawat maupun awak pesawat dalam kondisi layak untuk terbang," kata Imran. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,