Puluhan Pelaku Pembakaran Kantor Gubernur Kaltara Diciduk

Puluhan Pelaku Pembakaran Kantor Gubernur Kaltara Diciduk

Puluhan Pelaku pembakaran kantor gubernur Kalimantan Timur dan Utara (Kaltara) ditangkap. (foto - ist)

Kaltara - Sedikitnya 19 orang ditetapkan sebagai tersangka perusakan dan pembakaran kantor gubernur Kalimantan Timur dan Utara (Kaltara), Minggu (20/12/2015). Londisi Kantor Gubernur Kalimantan Utara di Jalan Kolonel Sutaji Tanjung Selor pun memprihatinkan. 
 
Puing-puing bekas aksi anarkis massa belum tersentuh. Kaca-kaca jendela kantor pecah berantakan, termasuk tiga unit kendaraan dinas yang tinggal kerangka ditelan kobaran api. Pasca insiden, sejumlah polisi masih bersiaga di setiap sudut dan penjagaan di kantor KPU dan Bawaslu setempat pun diperketat.
 
Tim penyidik Polda Kaltara telah menangkap sejumlah orang yang hingga kini masih menjalani pemeriksaan.Jumlah itu diperkirakan masih akan terus bertambah, mengingat masih banyak yang menjalani pemeriksaan. Kapolda menegaskan tidak akan mentolerir aksi unjuk rasa anarkis.
 
Seperti diberitakan, ribuan massa pendukung pasangan Martin Billa-Jusuf SK, Sabtu kemarin berusaha menerobos barikade polisi di kantor gubernur. Pagar kawat berduri pun dirusak dan dihancurkan massa. 
 
Upaya polisi untuk menghadang massa gagal, karena jumlah yang tidak sebanding. Massa akhirnya leluasa masuk ke lingkungan kantor gubernur. Mereka langsung merusak dan membakarkantor pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara tersebut.
 
Aksi anarkis tersebut buntut kekecewaan pendukung pasangan Martin Billa-Jusuf SK. Mereka menuding pasangan nomor urut 2, yakni Irianto Lamrie-Udin Hianggio memenangi Pilkada 9 Desember lalu dengan cara curang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,